Pimpinan TNI-Polri bahas pengamanan pemilu 2019

id Tito Karnavian

Pimpinan TNI-Polri bahas pengamanan pemilu 2019

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. (Antara)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Pimpinan TNI dan Polri menggelar rapat membahas pengamanan Pemilu 2019 di Auditorium Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK-PTIK), Jakarta, Selasa.

Rapat pimpinan yang mengambil tema "Dilandasi Profesionalitas, Soliditas dan Netralitas, TNI-POLRI Bersinergi Mengamankan Pemilu 2019 dan Pembangunan Nasional Dalam Rangka Menjaga Keutuhan NKRI" itu digelar tertutup.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian secara resmi membuka kegiatan tersebut dan menekankan pentingnya sinergi antarpemangku kepentingan untuk menyukseskan pesta demokrasi pada April 2019 itu.

TNI dan Polri, disebutnya memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjaga keamanan untuk mendukung demokrasi yang sehat.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengapresiasi keberhasilan TNI-Polri dalam pengamanan Pilkada Serentak pada 2015, 2016, 2017 dan 2018.

Wiranto mengaku yakin dalam Pemilu 2019 pun, TNI-Polri akan bersikap netral dan dapat melalui hambatan dalam proses pemilu.

"Tentu dengan pengalaman yang sudah dilakukan dan berhasil akan dapat ditransfer dalam pengamanan serupa untuk Pemilu 2019," kata Wiranto.

Selain Menkopolhukam yang memberikan materi dalam rapim tersebut, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pun dijadwalkan akan menghadiri kegiatan itu. (*)