PMI Pasaman Barat kerja sama dengan Disdukcapil cek golongan darah gratis

id Cek golongan darah

PMI Pasaman Barat bekerja sama dengan Disdukcapil membuka loket khusus untuk cek golongan darah gratis bagi masyarakat yang berurusan ke kantor Disdukcapil.



Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Palang Merah Indonesia Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melakukan cek golongan darah gratis bagi masyarakat.

"Cek golongan darah gratis itu langsung terkoordinasi dengan pelayanan pada Dinas Kependudukan Catatan Sipil karena ada satu loket khusus disediakan untuk PMI. Sehingga targetnya 20 ribu orang diketahui golongan darah di tahun 2019 ini," kata Kepala Markas PMI Pasaman Barat, Ridawarsa di Simpang Empat, Minggu.

Ia mengatakan cek golongan darah gratis tersebut saat ini sudah dimulai sehingga nantinya golongan darah masyarakat berbasis kependudukan dapat diketahui.

"Artinya kita dapat mengetahui dengan cepat golongan darah sesuai permintaan yang membutuhkan," ujarnya.

Menurutnya permintaan darah untuk saat ini di Pasaman Barat mencapai 350 kantong per bulan. Namun, baru bisa terpenuhi 150 kantong. Artinya baru bisa dicapai sekitar 40 persen.

"Dengan adanya loket cek golongan darah gratis yang bertujuan PMI memiliki data base golongan darah yang berbasis kependudukan, permintaan darah dari masyarakat berupaya kita penuhi," sebutnya.

Selain itu, dengan lengkapnya sarana dan prasarana PMI seperti loket cek golongan darah di Disdukcapil, dan kantor PMI yang baru akan bisa memenuhi permintaan darah dari masyarakat. Karena, golongan darah masyarakat sudah terdeteksi.

"Target kita di tahun 2019 sebanyak 20 ribu masyarakat sudah ada di data base golongan darah. Ini artinya kita akan lebih mudah untuk mengetahui golongan darah," katanya.

Selama ini di Kartu Tanda Penduduk masyarakat jarang diketahui atau dicantumkan golongan darah pemegang KTP.

Dengan adanya data base golongan darah ini, pemegang KTP akan mengetahui golongan darahnya.

"Ketika ada keluarga dekat yang membutuhkan darah, maka kita bisa menawarkan diri untuk menyumbangkan darah. Sehingga kebutuhan darah terutama untuk kondisi darurat bisa terpenuhi," sebutnya.

Data Base golongan darah ini baru ada dua di Provinsi Sumbar yakni Pasaman Barat dan Padang Pariaman.
Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar