Pemkab Pasaman Barat salurkan bantuan pangan non tunai

id Bantuan Pangan Non Tunai

Kepala Dinas Sosial Pasaman Barat, Marwazi B (Ist)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Dinas Sosial Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat memberikan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada 23.987 kelompok penerima manfaat selama 2019.

Kepala Dinas Sosial Pasaman Barat, Marwazi B di Simpang Empat, Minggu mengatakan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan program yang sebelumnya bernama bantuan beras sejahtera.

"Untuk 2019 BPNT akan diberikan kepada 23.987 penerima manfaat. Masing-masing Kelompok Penerima Manfaat (KPM) menerma Rp110.000 per bulannya," ujarnya.

Menurutnya penyaluran BPNT berbeda dengan rastra sebelumnya, warung elektronik gotong royong akan dibentuk di setiap nagari atau desa sampai ke tingkat jorong.

Kemudian pihaknya akan bekerja sama dengan salah satu bank swasta yang nantinya mengurus warung gotong royong, mereka akan mengambil uang dan ditukarkan dalam bentuk beras dan telur.

"Beras dan telur inilah yang akan diberikan kepada kelompok penerima manfaat," sebutnya.

Ia menjelaskan kelompok penerima itu merupakan warga miskin hasil pendataan mulai dari tingkat jorong sampai nagari.

Kemudian setelah diverifikasi dan validasi maka dimasukkan kedalam aplikasi pusat yang ada di daerah atau dinamakan sistem informasi kesejahteraan sosial next generasi.

Setelah itu baru ditetapkan oleh Kementrian Sosial dengan mengeluarkan Basis Data Terpadu (BDT).

"Artinya penerima manfaat dari program BPNT sudah melalui validasi yang akurat sampai Kemensos, sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar