Pesisir Selatan andalkan gelaran even dongkrak kunjungan wisatawan

id pantai carocok

Pesisir Selatan andalkan gelaran even dongkrak kunjungan wisatawan

Pantai Carocok Painan, Pesisir Selatan. (ANTARA SUMBAR/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengandalkan berbagai gelaran even dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Di Pesisir Selatan terdapat berbagai even mulai dari Festival Langkisau, Paralayang, Voli Pantai dan lain sebagainya," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat, Hadi Susilo di Painan, Kamis.

Ke depan, tambahnya, even-even ini akan dikemas sebaik dan semenarik mungkin dengan harapan bisa menjadi magnet bagi wisatawan.

"Selain pengemasan yang lebih menarik, kami juga akan melibatkan komunitas dalam pelaksanaannya," sebutnya.

Seperti halnya Festival Langkisau 2019, pihaknya berencana melibatkan komunitas seperti komunitas sepeda, renang dan lainnya.

"Bisa jadi nanti ada kegiatan sepeda santai, balap sepeda dan lainnya," jelasnya.

Dengan melibatkan komunitas diharapkan informasi mengenai sebuah even menyebar dengan cepat, terutama di lingkungan komunitas yang dilibatkan.

Pada 2018 tercatat sebanyak 2,4 juta wisatawan lokal berkunjung ke Pesisir Selatan, sementara wisatawan mancanegara mencapai 1.600 orang.

Sementara pada 2017, jumlah kunjungan wisatawan lokal hanya sebanyak 2,3 juta, sementara wisatawan mancanegara mencapai 1.700 orang.

Pesisir Selatan terkenal dengan wisata baharinya seperti Pantai Carocok Painan dan Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh yang dikenal sebagai surga tersembunyi terpopuler versi Anugerah Pesona Indonesia (API) II.

Selain itu ada juga Jembatan Akar yang melegenda dan Rumah Gadang Mandeh Rubiah yang kisahnya begitu populer bagi masyarakat Sumatera Barat.***1***