RSUD Pasaman berhasil raih prediket paripurna, perjuangan tak sia-sia

id RSUD

RSUD Pasaman berhasil raih prediket paripurna, perjuangan tak sia-sia

Direktur RSUD Lubuksikaping, dr Yong Marzuhaili bersama jajaran saat menerima sertipikat Akreditasi Bintang Lima dari KARS. (Ist)

Lubuksikaping (Antaranews Sumbar) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman, akhirnya berhasil meraih akreditasi predikat paripurna dengan lima bintang dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Rabu.

Sebelumnya, tim KARS telah melakukan penilaian selama tiga hari berturut- turut, yaitu 3-6 Desember 2018 di rumah sakit kebanggaan masyarakat Pasaman itu.

Direktur RSUD Lubuksikaping, dr Yong Marzuhaili mengatakan, rumah sakit yang dipimpinnya itu meraih predikat bergengsi itu atas kerja keras semua unsur di rumah sakit tersebut.

"Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras team work yang profesional dari seluruh pegawai rumah sakit yang didukung oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, para anggota DPRD dan pihak terkait lainnya," ujar Yong saat dihubungi Antara.

Dikatakan, bahwa persiapan proses akreditasi Rumah Sakit itu telah dimulai sejak beberapa tahun lalu. Persiapannya meliputi pembenahan manajemen internal, pengembangan SDM, melengkapi berbagai fasilitas unit layanan, pengembangan inovasi layanan dan pendaftaran online.

"Semuanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan pasien. Alhamdulillah, usaha dan kerja keras kita semua berbuah manis. RSUD Lubuksikaping kita paripurna bintang lima," pungkas Yong.

Tujuan akreditasi, kata Yong, untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit dengan pelayanan yang berstandar internasional.

iantaranya rumah sakit lebih menghormati hak-hak pasien dan melibatkannya dalam proses perawatan sebagai mitra.

Selain itu, kata dia, dapat meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat bahwa rumah sakit telah melakukan upaya peningkatan mutu pelayanan berdasarkan keselamatan pasien.

"Dengan terakreditasi tingkat Paripurna bintang lima, mengartikan bahwa RSUD Lubuksikaping telah memberikan pelayanan sesuai standar yang ditentukan sehingga dapat memberikan pelayanan medik prima kepada pasien," katanya.

Sementara Bupati Pasaman, Yusuf Lubis menyampaikan rasa syukurnya atas capaian yang diraih rumah sakit kebanggan masyarakat Kabupaten Pasaman itu di awal tahun ini.

"Ini kebanggaan kita semua. Saya atasnama bupati mengucapkan terima kasih kepada pihak RSUD Lubuksikaping atas kerja keras yang telah ditunjukkan sehingga memperoleh hasil yang gemilang ini," ungkapnya.