Ini dia 18 penghargaan yang diterima Pemkot Solok sepanjang 2018

id Nurzal Gustim

Kabag Humas Kota Solok, Nurzal Gustim. (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Solok, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat, mendapat 18 penghargaan sepanjang 2018 atas berbagai prestasi dan inovasi yang dilakukan di daerah itu.

"Penghargaan pertama adalah the most improved Peduli Wisata Award 2018 (kloster kawasan potensial pariwisata tingkat provinsi) Juara II diserahkan di Bukittinggi," kata Kepala Bagian Humas Kota Solok, Nurzal Gustim di Solok, Rabu.

Selanjutnya penghargaan pencapaian level 3 maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Ia menyebutkan Wali Kota Solok, Zul Elfian juga menerima anugerah Lencana Melati tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa di dalam dan di luar gerakan pramuka, yang dianggap telah berjasa bagi gerakan pramuka.

Wali Kota juga menerima anugerah ABG Award karena telah menunjukkan komitmen dan dukungan dan ketokohannya dalam meningkatkan partisipasi remaja dalam program kesehatan reproduksi (GenRe), serta membangun karakter remaja untuk meraih bonus demografi dan Indonesia Emas.

Pemkot juga menerima penghargaan Bhakti Karya Koperasi, kemudian Satya Lencana Manggala Karya Kencana dalam mewujudkan keluarga bahagia di Kota Solok melalui penataan dan pembinaan program pemerintah, melalui keluarga berencana telah berhasil menurunkan angka kelahiran.

Kemudian Kota Solok juga menerima Pakarti Utama I untuk berbagai inovasi dalam lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan.

"Selain itu Solok menerima Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) karena laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material," ujarnya.

Ia juga menyebutkan penghargaan lainnya yaitu Harapan I Pembangunan Daerah Kategori Kota pada 2018 Tingkat Propinsi. Selanjutnya, penghargaan kota Peduli HAM dari Menkumham.

Solok juga menerima penghargaan sebagai kota terinovatif dalam ajang Innovative Government Award 2018 dari Mendagri. Penghargaan Apresiasi BPPD Berkinerja Utama dari Menristekdikti.

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018, Penghargaan Terbaik II Nasional Penyaluran Bantuan Non Tunai dari Mensos, Predikat Kepatuhan Tinggi dari Ombudsman.

Kota ini juga menerima Top 25 pengelolaan pengaduan pelayanan publik terbaik dari Kementerian Pendayaan Aparatur Sipil Negara. Selain itu, juga menerima penghargaan laporan keuangan 2017 dengan capaian standar tertinggi.

"Alhamdulillah penghargaan yang paling ditunggu setelah lima tahun juga kami peroleh piala adipura untuk penilaian 2018," ujarnya.

Piala adipura diberikan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar