Ini upaya pemkot percepat revitalisasi Pasar Pariaman

id Rapat revitalisasi Pasar Pariaman

Ini upaya pemkot percepat revitalisasi Pasar Pariaman

Rapat Pemerintah Kota Pariaman dengan sejumlah pemangku kepentingan guna mempercepat revitalisasi Pasar Pariaman, Rabu (23/1).   (ANTARA SUMBAR / aadiaat M. S)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, akan mengupayakan percepatan revitalisasi Pasar Pariaman agar para pedagang nantinya tidak terlalu lama menunggu dan dapat menempatinya secepat mungkin.

"Revitalisasi Pasar Pariaman sudah harus dilakukan karena kondisinya rusak parah sejak diguncang gempa pada 2009 dan 2016," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar saat menggelar rapat dengan para pemangku kepentingan di Pariaman, Rabu.

Revitalisasi Pasar Pariaman ini penting karena tidak hanya digunakan untuk warga kota itu, namun juga warga Kabupaten Padang Pariaman yang dekat dengan Kota Pariaman.

Namun lanjutnya pasar tersebut belum bisa diperbaiki karena keterbatasan anggaran Pemerintah Kota Pariaman.

"Sehingga meskipun kondisinya rusak parah, tapi Pasar Pariaman masih digunakan untuk aktivitas berdagang," ujarnya.

Melihat kondisi ini maka Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah mengalokasikan dana Rp120 miliar untuk revitalisasi pasar itu.

Dengan revitalisasi kata dia, diharapkan meningkatkan pendapatan pedagang di Pasar Pariaman, dan juga pelaku-pelaku ekonomi yang ada di daerah itu.

Selain itu dapat memudahkan akses transaksi jual beli, dan bahkan dapat menjadi ikon belanja di Kota Pariaman.

Agar revitalisasi ini berjalan lancar pihaknya merasa perlu melaksanakan rapat dengan pemangku kepentingan dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, anggota DPRD setempat, dan organisasi perangkat daerah.

Selanjutnya Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia setempat, kerapatan adat nagari, tokoh adat, dan tokoh masyarakat.

Sebelumnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan pembangunan fisik Pasar Pariaman, ini akan dikerjakan pada awal 2019.

"Bapak menteri menginstruksikan untuk meninjau langsung lokasi Pasar Pariaman, karena anggarannya telah dikoordinasikan bersama Kementerian Perdagangan dan disetujui," kata Direktur Jenderal Cipta Karya Direktorat Bina Penataan Bangunan Kementerian PUPR RI Iwan Suprijanto di Pariaman.

Sebelum dilakukan pembangunan fisik pada awal 2019, pihak kementerian terkait terlebih dahulu akan melihat hasil desain Pasar Pariaman yang dirancang oleh pemerintah Kota Pariaman. (*)