Pemkot Payakumbuh tingkat sumber daya pelaku UMKM

id umkm,pembinaan,payakumbuh

Pemkot Payakumbuh tingkat sumber daya pelaku UMKM

Peserta pembinaan UMKM di Kota Payakumbuh (sumbar.antaranews.com/Syafri Ario)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Payakumbuh Sumatera Barat melakukan pembinaan manajemen bisnis bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan koperasi di Payakumbuh, Senin.

"Pembinaan untuk meningkatkan daya saing UMKM Kota Payakumbuh di tengah persaingan usaha yang semakin ketat," ujar Kadis Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh, Dafrul Pasi, Senin.

Ia mengatakan pemerintah bertanggung jawab terhadap seluruhnya pembinaan UMKM mulai dari hulu sampai ke hilir diantaranya standarisasi bahan baku produk dan standarisasi sarana produksi.

"Baik dari keamanan dari BPOM dan kehalalan dari MUI, mereka dibekali regulasi terkait standarisasi produk seperti pendaftaran merk, SNI, Izin Edar MD, Izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)," jelasnya.

Pembinaan yang diikuti 100 UMKM tersebut juga menghadirkan seorang narasumber yaitu Country Manager PT. Mutigo Indonesia Jakarta, Masni Eritrina.

Masni Erita selaku narasumber mengatakan persaingan usaha yang bersifat global maka pelaku usaha UMKM di Payakumbuh juga harus menyesuaikan diri dengan selera pasar.

Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh Hj.Henny Riza Falepi mengatakan pelaku UMKM di Payakumbuh didorong untuk memenuhi standar produk UMKM yang sesuai standar Internasional agar mampu bersaing di tingkat global.

"Kalau untuk lokal Sumbar rata-rata semuanya sudah bisa bersaing namun sekarang bagaimana mereka ini bisa meningkatkan daya saingnya untuk menembus pasar luar negri," ujarnya.

Ia mengharapkan pelaku usaha UMKM dapat berinovasi dan kreasi terhadap hasil usahanya agar dapat bersaing dan memiliki nilai jual tinggi.

Sementara itu salah seorang peserta, pengusaha Coklat asal Nagari Aur Kuning Joni Saputra, mengharapkan pembinaan ini dilakukan secara rutin agar permasalahan pelaku usaha dapat dicarikan solusinya secara bersama-sama dengan pemda.

"Pembinaan ini sangat baik bermanfaat bagi kami, semoga kedepan pembinaan seperti ini dilaksanakan secara berkesinambungan," harap Joni. (*)