Kreatif, Padangpariaman sediakan alat pertanian untuk dipinjamkan pada petani

id Alat pertanian

Kreatif, Padangpariaman sediakan alat pertanian untuk dipinjamkan pada petani

Seorang petani sedang mengoperasikan alat tanam jagung yang dipinjamkan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman. (ANTARA SUMBAR / Aadiaat M. S) (-)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan dan KP) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat menyediakan puluhan alat mesin pertanian untuk dipinjamkan kepada petani di daerah itu.

"Tujuannya untuk mempermudah petani dalam mengolah lahan pertaniannya," kata Kepala Distan dan KP, Yurisman di Parit Malintang, Sabtu.

Ia menyebutkan ada berbagai jenis alat mesin pertanian yang dipinjamkan kepada petani yaitu di antaranya 50 unit traktor tangan roda dua dan enam unit traktor roda empat.

Lalu, lanjutnya empat unit mesin tanam padi, dua unit mesin panen padi, dan sejumlah alat tanam jagung.

Ia mengatakan semua jenis alat pertanian tersebut dipinjamkan secara cuma-cuma kepada masyarakat yang jangka waktu pinjamannya 10 hingga 30 hari tergantung luas lahan tanam.

"Petani hanya menyediakan biaya operasionalnya saja," katanya.

Ia menyampaikan peminjaman alat mesin pertanian tersebut tidak bisa secara perorangan namun harus melalui kelompok.

"Jadi kelompok tani mengajukan permohonan kepada kami, lalu diproses, dan alat mesin pertanian dapat dibawa," ujarnya.

Program peminjaman alat mesin pertanian tersebut telah berjalan selama empat tahun dan akan terus dilanjutkan karena dapat membantu petani untuk meringankan pekerjaan.

Ia menyebutkan berbagai jenis alat mesin pertanian sudah dimiliki oleh petani dan kelompok tani di daerah itu, bahkan untuk traktor tangan sekitar 900 unit.

Namun jumlah tersebut belum mencukupi kebutuhan daerah itu terhadap alat mesin pertanian.

Khusus untuk traktor tangan saja jumlah yang dibutuhkan daerah itu mencapai 1.300 unit.***