Bawaslu Pariaman minta media berperan awasi pemilu

id pemilu,bawaslu

Bawaslu Pariaman minta media berperan awasi pemilu

Ketua Badan Pengawasan Pemilu Kota Pariaman, Sumatera Barat, Riswan (dua kanan) saat silaturahim ke Kantor PWI setempat. (ANTARA SUMBAR/ Aadiyat Makruf)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Pariaman, Sumatera Barat meminta peran media untuk mengawasi jajarannya guna menjaga netralitas Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Kami memang berkomitmen untuk netral namun perlu ada pihak yang mengawasi salah satunya adalah media," kata Ketua Bawaslu Pariaman Riswan di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan pihaknya bertugas mengawasi Komisi Pemilihan Umum dan peserta pemilu agar pesta demokrasi pemilu presiden dan pemilu legislatif dapat berlangsung aman, lancar dan sesuai amanah konstitusi.

Menurutnya selain Bawaslu, ia menilai pihak lain juga harus ikut mengawasi netralitas jajarannya yang tersebar di kecamatan.

Ia menyatakan hingga saat ini pihaknya memastikan lembaga yang dipimpinnya itu dapat menjaga integritas dan netralitasnya sebagai pengawas pemiliu.

“Kami juga perlu pengawasan sebagai langkah pencegahan terjadinya pelanggaran,” ujarnya.

Selain mengawasi pihaknya, lanjutnya Riswan juga meminta seluruh eleman masyarakat untuk mengawasi berjalannya pemilu di daerah itu.

“Jumlah anggota Bawaslu terbatas dan yang akan diawasi cukup banyak, Ini menjadi kendala yang harus disinergikan dengan seluruh pihak,” katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Pariaman Damanhuri meminta wartawan dalam membuat berita untuk mengedepankan konfirmasi.

"Jadi jangan langsung main hakim sendiri," ujar dia.

Ia mengatakan selama ini memang ditemukan sejumlah pelanggaran namun untuk memastikan dan bagaimana prosesnya wartawan harus mengkonfirmasi kepada Bawaslu.