Fadly Amran dukung Khatib Sulaiman jadi pahlawan nasional

id Khatib Sulaiman,Khatib Sulaiman Pahlawan Nasional

Fadly Amran dukung Khatib Sulaiman jadi pahlawan nasional

Kunjungan keluarga besar Khatib Sulaiman ke Padang Panjang meminta dukungan moril agar tokoh itu dijadikan pahlawan nasional. (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (Antaranews Sumbar) - Wali Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Fadly Amran menerima kunjungan keluarga besar Khatib Sulaiman ke daerah setempat dan mendukung agar tokoh tersebut diakui sebagai pahlawan nasioanl.

Keluarga besar Khatib Sulaiman mengunjungi Padang Panjang, Selasa, untuk bersilaturahim dan minta dukungan moril dari pemerintah daerah setempat dalam memperjuangkan orangtua mereka menjadi pahlawan nasional.

Khatib Sulaiman merupakan nama yang tidak asing terutama bagi masyarakat di Sumatera Barat. Ia gugur dalam peristiwa Situjuah, suatu peristiwa penyerangan Belanda dalam masa Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI).

"Khatib Sulaiman punya hubungan erat dengan Padang Panjang dan kami mendukung beliau diakui sebagai pahlawan nasional," katanya.

Ia berpesan agar pihak keluarga menyiapkan sebaik-baiknya persyaratan yang diminta agar pemerintah pusat memberikan pengakuan sesuai harapan keluarga.

Anak pertama Khatib Sulaiman, Sudirman Dt Barbangso mengatakan atas perjuangan orangtuanya, pihak keluarga tidak menuntut imbalan dalam bentuk apapun.

"Peristiwa di Situjuah adalah bagian dari sejarah yang begitu membekas bagi kami. Beliau tewas terkena tembakan Belanda di Situjuah. Kami berharap atas usahanya yang telah ikut berjuang, dapat dinobatkan sebagai pahlawan nasional," katanya. (*)