37 pelaku IKM di Padang Panjang terima bantuan sosial pengembangan usaha

id Bantuan IKM,IKM Padang Panjang

37 pelaku IKM di Padang Panjang terima bantuan sosial pengembangan usaha

Wakil Wali Kota Padang Panjang, Asrul, menyerahkan bantuan kepada IKM di Padang Panjang, Selasa (15/1). (Dok. Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, memberikan bantuan sosial untuk pengembangan usaha bagi 37 warga yang tergabung dalam sejumlah kelompok industri kecil menengah (IKM).

Wakil Wali Kota Padang Panjang, Asrul di Padang Panjang, Selasa, mengatakan pelaku IKM memiliki peran penting untuk mendukung peningkatan kunjungan wisatawan ke daerah itu melalui produk makanan maupun kerajinan tangan yang dihasilkan.

"Untuk itu pemerintah memberikan bantuan berupa peralatan dan bahan baku produksi sebagai stimulus bagi IKM yang belum berkembang," katanya.

Di samping itu, menurutnya pengembangan IKM juga dapat mendorong percepatan pengentasan kemiskinan di daerah itu karena dengan bantuan sosial yang diberikan, pelaku IKM dapat terus berproduksi dan menjaga kualitas produk yang dihasilkan.

"Dalam menjalankan usaha penting diperhatikan masalah kualitas produk. Jangan sampai dikurangi ketika sudah mulai laris melainkan tetap dipertahankan dan coba inovasi lain yang menarik agar produk dapat masuk pasar yang lebih luas," katanya.

Asrul menegaskan agar bantuan yang berupa mesin dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para penerima. Ia melarang mesin disalahgunakan misalnya menjual atau menyewakan pada pihak lain.

"Kepada Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM kami minta supaya secara berkala memantau masyarakat yang menerima bantuan agar bantuan yang diterima dapat dipergunakan semestinya dan melakukan evaluasi," ujarnya. (*)