Jalan Khatib Sulaiman Padang jadi area Car Free Day

id Irwan Prayitno,Car Free Day,Jalan Khatib Sulaiman

Jalan Khatib Sulaiman Padang jadi area Car Free Day

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (ANTARA SUMBAR/ Miko Elfisha) (ANTARA SUMBAR/ Miko Elfisha/)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Jalan Khatib Sulaiman mulai dari "Simpang Presiden" hingga Masjid Raya Sumatera Barat Khatib Sulaiman akan dijadikan area Car Free Day (CFD) atau bebas kendaraan bermotor setiap hari Minggu mulai pukul 6.00 WIB hingga 10 WIB.

"Area ini akan dijadikan lokasi untuk melakukan aktivitas olahraga pagi bagi masyarakat pada akhir pekan. Semua bisa bersantai, berolahraga, jalan santai, bersepeda atau berkegiatan lain selama empat jam itu," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Selasa.

Secara teknis, pelaksanaan car free day akan dikelola oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar dengan mengundang sejumlah pihak terkait untuk terlibat memeriahkan acara tersebut.

"Kita imbau masyarakat untuk datang bersama keluarga sehingga nanti kawasan ini akan menjadi ramai, seperti tepi laut "taplau" dan Gor H Agus Salim setiap pagi di akhir pekan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Adib Alfikri mengungkapkan sebelum melaksanakan CFD pihaknya telah melakukan survei di jalan Khatib Sulaiman.

Ruas jalan itu relatif lengang setiap Minggu pagi sehingga pengalihan arus kendaraan tidak terlalu sulit dilakukan.

Pengalihan arus telah dikoordinasikan dengan pihak terkait sehingga CFD bisa berjalan baik.

Kuliner dan parkiran yang diyakini akan penuh sesak, nantinya akan ditata dengan rapi sehingga menjadi salah satu faktor penarik bagi masyarakat.

Biasanya, pada hari libur sebagian masyarakat Padang memenuhi kawasan tepi laut atau sering disebut taplau dan GOR H Agus Salim untuk berolahraga pagi sambil "cuci mata. (*)