UEA, Thailand dan Bahrain lolos ke 16 besar Piala Asia

id Piala Asia

UEA, Thailand dan Bahrain lolos ke 16 besar Piala Asia

Piala Asia 2019. (int)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Tuan rumah Piala Asia 2019 Uni Emirat Arab (UEA) memastikan diri lolos ke 16 besar sebagai juara Grup A, setelah bermain imbang 1-1 dengan Thailand dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Hazza bin Zayed, Al Ain, Uni Emirat Arab pada Senin malam WIB.

UEA memuncaki klasemen dengan koleksi lima poin. Mereka didampingi melaju ke fase gugur oleh Thailand yang dengan empat poinnya menduduki peringkat kedua, serta Bahrain dengan empat poin sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik, demikian catatan di laman resmi AFC.

Pasukan Alberto Zaccheroni terlihat sebagai tim yang lebih kompeten secara teknik untuk sebagian besar jalannya pertandingan, namun mereka kesulitan menciptakan peluang bersih dan Thailand mampu mengamankan satu poin penting.

Ali Mabkhout membawa UEA memimpin saat pertandingan baru berlangsung tujuh menit, ketika Ismail Al Hamadi melepaskan sepakan yang membentur mistar gawang untuk kemudian Mabkhout menyambar bola pantul.

Meski UEA tampil lebih baik, Thailand mampu menebar ancaman dan hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-21, di mana kiper Khalid Eisa Bilal masih mampu menahan upaya Adisak Kraisorn.

Gol penyama kedudukan tercipta pada menit ke-41', Thitipan Puangchan memanfaatkan kelengahan di barisan pertahanan UEA dan melesakkan gol melalui sepakan dari jarak dekat setelah upaya awalnya sempat digagalkan.

UEA memulai babak kedua dengan baik, di mana Mabkhout memaksa Sivarak Tedsungnoen melakukan penyelamatan kurang dari semenit setelah turun minum.

Bagaimanapun, permainan di sisa babak kedua lebih banyak dimainkan di lapangan tengah, dan sampai peluit panjang berbunyi skor 1-1 tidak berubah.

Pada pertandingan lain di grup ini, Bahrain menang 1-0 atas India di Stadion Sharjah yang sekaligus mengamankan laju mereka ke babak berikutnya.

Bahrain lolos dalam situasi dramatis, di mana India berada dalam posisi yang lebih baik untuk lolos.

Harimau-harimau biru berada di ambang lolos ke 16 besar untuk pertama kalinya sepanjang sejarah mereka, saat skor masih imbang 0-0 setelah permainan berlangsung 90 menit.

Namun ketika Hamed Alshamsan dijatuhkan kapten India Pronay Halder di kotak terlarang, Jamal Rashed yang menjadi eksekutor sukses menyarangkan bola ke gawang lawan dan mengubah kedudukan klasemen di Grup A pada menit ke-91.

Berikut klasemen akhir Grup A: (main, menang, seri, kalah, gol, nilai)

Uni Emirat Arab 3 1 2 0 4-2 5

Bahrain 3 1 1 1 2-2 4

Thailand 3 1 1 1 3-5 4

India 3 1 0 2 4-4 3 (*)