Semen Padang targetkan nol kecelakaan kerja pada 2019

id K3, semen padang

Semen Padang targetkan nol kecelakaan kerja pada 2019

Upacara Pembukaan Bulan K3 Nasional PT Semen Padang 2019 (Antara Sumbar/humas)

Padang, (Antaranews Sumbar) - PT Semen Padang menargetkan nol kecelakaan kerja pada 2019 melalui peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional.

Direktur Utama PT Semen Padang,Yosviandri di Padang, Senin pada pembukaan bulan K3 nasional mengatakan 2019 pihaknya menargetkan "zero accident" dengan tidak ada lagi kecelakaan kerja.

Menurutnya keselamatan kerja juga merupakan janji kepada keluarga untuk kembali pulang dalam keadaan selamat.

"Saya tekankan kepada karyawan di lingkungan perusahaan untuk penuhi janji dengan keluarga dengan mengutamakan K3 dalam beraktivitas," ujar dia.

Pada peringatan bulan K3 yang berlangsung dari 12 Januari hingga 12 Februari 2019, ia berpesan karyawan tetap menjaga keselamatan diri, rekan kerja, masyarakat dan aset perusahaan.

Sementara Ketua Panitia Bulan K3 Nasional PT Semen Padang Ferry Sarvino mengatakan dalam pelaksanaan Bulan K3 2019 tema yang diangkat yakni wujudkan kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya K3 untuk mendukung stabilitas ekonomi nasional.

"Dalam tema yang diusung ada tiga poin penting yang diangkat, yakni masyarakat yang mandiri, berbudaya K3, dan ekonomi nasional," ujarnya.

Ia menyampaikan pelaksanaan bulan K3 bertujuan meningkatkan kepatuhan sehingga biaya yang dikeluarkan untuk hal ini bisa dihilangkan dalam rangka mendukung stabilitas ekonomi.

Peringatan Bulan K3 PT Semen Padang juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, yaitu pemilihan Tim K3LH Teladan, pemilihan tempat kerja teladan berbasis 5P dan lomba foto K3.

Kemudian Spirit Millenial (Safety Amazing Race), lomba Cerdas Cermat K3, lomba pemadam kebakaran dengan hydrant dan Apar antar Tim PKTD unit kerja, lomba P3K antar tim PKTD unit kerja, seminar K3, Lomba PBB antar departemen dan APLP, yang diakhiri dengan upacara penutupan Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu PT Semen Padang.

Ia menambahkan dalam peringatan Bulan K3 Nasional juga akan diberikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi dalam bidang inovasi perusahaan.

"Kami akan berikan penghargaan kepada insan perusahaan yang berperan dalam bidang inovasi untuk tujuh kategori dan satu anak usaha, yakni produk bahan baku, teknologi tambang, teknologi kiln packer, teknologi semen, PKM, DKM, 5P, KKM," kata dia. (*)