PKK Padang Panjang sosialisasikan tes IVA cegah bahaya kanker

id Tes IVA,Kanker Serviks,PKK Padang Panjang

Sosialisasi cegah bahaya kanker serviks melalui tes IVA di Padang Panjang, Minggu. (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (Antaranews Sumbar) - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Padang Panjang, menggelar sosialisasi tes IVA untuk mewujudkan terbebasnya wanita dari bahaya kanker serviks serta kanker payudara.

Ketua TP PKK Padang Panjang Dian Puspita di Padang Panjang, Minggu, mengatakan kanker tersebut adalah salah satu penyebab kematian yang banyak pada wanita karena seringkali diketahui saat tahap lanjut sehingga umumnya berujung kematian.

Meski demikian penyakit itu tetap dapat dicegah dan dilakukan pengobatan yang bergantung dengan kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh penderita.

Tes IVA, jelasnya merupakan cara sederhana mendeteksi kanker serviks secara dini dan mengetahui masalah lainnya yang terjadi pada leher rahim.

"Kami harap para wanita tidak malu untuk memeriksakan diri melalui tes IVA agar sesegera mungkin dapat dilakukan pengobatan sekiranya ditemukan kelainan pada leher rahim," ujarnya.

Sosialisasi ini merupakan bagian dari kegiatan TP PKK, dengan bertemakan "Melalui Sosialisasi IVA TEST Kita Wujudkan Wanita Kota Padang Panjang Bebas Kanker Serviks dan Payudara".

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan setempat Faizah menambahkan gejala awal kanker serviks tidak menimbulkan rasa sakit pada penderita.

Di tahap lebih lanjut, beberapa kondisi yang menjadi tanda yaitu keputihan berbau dan terjadi pendarahan setelah memasuki masa menopause.

Penyakit tersebut dapat terjadi karena hubungan seksual pada usia dini, tidak menjaga kebersihan organ kelamin, berganti-ganti pasangan, kebiasaan hidup tidak sehat seperti merokok, infeksi virus herpes dan human papiloma tipe tertentu. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar