Penyisihan Minangkabau Cup zona Padang masuki babak semifinal

id Minangkabau Cup,Kota Padang

Logo Minangkabau Cup (Istimewa)

Padang,(Antaranews Sumbar) - Babak penyisihan turnamen kolosal Minangkabau Cup zona Kota Padang memasuki babak semifinal yang akan digelar pada Selasa (15/1).

Ketua Panitia Minangkabau Cup zona Kota Padang Nofiardi di Padang mengatakan laga semifinal nanti digelar di Lapangan Barandon Kota Padang dengan dua laga yakni antaraKecamatan Padang Utara menghadapi Padang Timur kemudian dilanjutkan Kecamatan Kuranji menghadapi Lubuk Begalung.

“Dua tim yang memenangi laga itu nantinya akan langsung mendapatkan tiket lolos ke babak berikutnya yakni penyisihan zona Sumbar,” kata dia.

Ia mengatakan untuk zona Kota Padang sendiri diikuti 10 tim yang terbagi dalam tiga grup untuk Grup A ditempati oleh empat tim kecamatan yaitu Lubuk Begalung, Padang Barat, Padang Utara dan Koto Tangah.

Sedangkan untuk Grup B diisi oleh tim Kecamatan Nanggalo, Pauh dan Lubuk Kilangan. Sementarauntuk Grup C akan ditempati tim Kecamatan Kuranji, Bungus Teluk Kabung, dan Padang Timur.

“Awalnya 11 tim yang akan mengikuti namun ada satu tim yang mengundurkan diri yakni Kecamatan Padang Selatan,” ujar dia.

Ia mengatakan dalam pegelaran Minangkabau Cup tahun ini ada kejutan yakni gugurnya juara bertahan Minangkabau Cup dalam dua gelaran turnamen itu pada 2016 dan 2017. Tim KecamatanKoto Tangah hanya mampu mengumpulkan satu poin di babak penyisihan Grup A sehingga membuat juara bertahan tersebut harus angkat kaki dari turnamen ini.

Tim Kecamatan Koto Tangah harus menelan dua kali kekalahan dan satu kali imbang, mereka kalah dari dua tim yakni Kecamatan Padang Utara dan Kecamatan Lubuk Begalung serta imbang dengan tim Kecamatan Padang Barat.

Nofiardi mengatakan pihaknya akan menyiapkan bonus bagi tim yang nantinya akan lolos mewakili Kota Padang ke babak selanjutnya. Menurut dia dalam menjalankan turnamen ini pihaknya tidak menerima bantuan dari dana APBD Kota Padang maupun Sumbar.

“Bantuan dari panitia pusat juga belum turun, namun kami pastikan turnamen tetap berjalan dengan baik dan lancar. Kita ingin memajukan sepak bola Sumatera Barat melalui turnamen ini,” kata dia.

Sebelumnya Ketua Pelaksana Minangkabau Cup Tria Ola Suprajeni mengatakan ini turnamen ketiga yang digelar oleh Spartan Enterprise. Dulunya turnamen ini bernama Irman Gusman Cup dan diubah menjadi Minangkabau Cup I dan II.

Ini merupakan Minangakabau Cup ketiga yang digelar dan melibatkan 160 tim dalam 325 pertandingan. Untuk babak penyisihan, setiap kota dan kabupaten akan menggelar turnamen setengah kompetisi. Di antara seluruh tim yang bertanding akan ada perwakilan kota dan kabupaten selanjutnya mereka akan memasuki penyisihan di tingkat Sumbar.

Setiap kota dan kabupaten akan meloloskan tim tergantung dengan jumlah kecamatannya, jika kota itu memiliki satu hingga tujuh kecamatan maka hanya satu tim yang mewakili kota atau kabupaten tersebut.

Setelah itu apabila mereka memiliki jumlah kecamatan antara tujuh hingga 12 kecamatan maka mereka akan diwakili dua tim dan bagi kota atau kabupaten yang memiliki 12-14 kecamatan akan mengirimkan tiga tim.

Selanjutnya di babak penyisihan tingkat Sumbar akan ada 34 tim yang akan digelar di delapan kota, sementara untuk babak 16 besar di gelar di empat kota, sedangkan untuk babak delapan besar digelar di dua kota di Sumbar. Kemudian untuk partai semifinal dan final akan digelar di Kota Padang.

“Kompetisi ini akan dilaksanakan secara marathon selama empat bulan yang dimulai dari 15 Desember 2018 dan ditutup di partai final pada 23 Maret 2019,” katanya. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar