Berbagi inspirasi lewat ngopi bareng ala Garbi Sumbar

id garbi sumbar

Wasekjend Partai Gerindra Andre Rosiade pada acara ngopi bareng Abah yang digelar Garbi Sumbar di Padang pada Jumat (11/1) (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Alunan lagu wakil rakyat yang dipopulerkan Iwan Fals menjadi pembuka ngopi bareng abah sebuah acara diskusi yang dihelat oleh Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) Sumatera Barat pada Jumat malam.

Didominasi oleh warna merah dari baju para peserta yang hadir di salah satu kafe di Padang, malam itu Wakil Sekjend Partai Gerindra Andre Rosiade tampil sebagai pembicara dengan tema Peran Pemuda di Era Milineal.

Sosok yang wara-wiri di televisi nasional sebagai salah seorang juru bicara pasangan calon Presiden Prabowo-Sandiaga Uno tersebut berbagi kisah meniti karir di dunia politik.

Sembari menyesap kopi, para peserta yang didominasi oleh generasi muda tersebut terlihat antusias menyimak pemaparan Andre.

Sebelum dimulai, kendati bukan acara formal lagu Indonesia Raya mengalun di ruangan kafe.

Gerakan Arah Baru Indonesia atau Garbi di Sumatera Barat mulai menunjukan keberadaanya di publik setelah menggelar acara ngopi bareng Abah.

Kegiatan pertama diisi langsung oleh M Yasin atau disapa Abah salah seorang tokoh pendidik, di perhelatan kedua Wakil Ketua DPR RI Fahzi Hamzah berkesempatan menjadi pembicara.

Kini pada kegiatan yang ketiga tampil Andre Rosiade anak muda yang memulai karir politiknya dari nol pada kurun 2013 di Padang.

Menurut Sekjen Garbi Sumbar Asdedi kegiatan ngopi bareng merupakan persektif baru dengan menggisi aktivitas di kafe tidak semata dengan hiburan.

"Jadi kafe juga bisa jadi sarana diskusi yang mencerahkan", kata dia.

Sebelumnya Koordinator Garbi Sumbar Fajri Gufran menyampaikan Garbi pertama kali lahir di daerah Sulawesi Selatan atau Makasar dari keresahan teman-teman disana terkait bangsa yang sudah tidak tahu arah dan mandegnya kepemimpinan bangsa.

Dari lonjakan emosional itulahh terbentuknya organisasi Garbi untuk memperbaiki bangsa ini ke depan.

"Kami adalah Ormas yang akan mengumpulkan ide dan gagasan dari para kaum muda Indonesia untuk membangun suatu perubahan bagi bangsa ini lebih baik lagi ke depan," kata dia.

Ia menjelaskan berbicara tentang Gerakan Arah Baru Indonesia, maka akan berbicara tentang dua hal, yakni cita-cita dan Gagasan.

"Pertama, cita-cita besar anak bangsa yang memiliki visi yang besar untuk menjadikan Indonesia satu dari lima kekuatan besar dunia, mewujudkan cita cita ini memang tidak mudah ," sebutnya.

Kemudian kerangka besar mewujudkan cita-cita ini adalah gagasan untuk mewujudkan cita-cita besar.

Dan salah satu konsep tersbeut akan melahirkan empat pilar atau modal utama Garbi, yaitu Islam, nasionalisme, demokrasi dan kesejahteraan.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar