BPJS Payakumbuh tanda tangani kerja sama JKSS dengan tiga daerah

id BPJS,jkss,payakumbuh

Penandatanganan perjanjian kerja sama integrasi program Jaminan Kesehatan Sumbar Sakato (JKSS) antara BPJS Cabang Payakumbuh dengan tiga pemerintah daerah di Sumbar (Antara Sumbar/Syafri Ario)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - BPJS Cabang Payakumbuh, Sumatera Barat, menandatangani perjanjian kerja sama integrasi program Jaminan Kesehatan Sumbar Sakato (JKSS) dengan tiga pemerintah daerah yaitu Pemkot Payakumbuh, Pemkab Limapuluh Kota, dan Pemkab Tanah Datar.

"Penandatangan kerja sama ini adalah untuk kepesertaan program jaminan kesehatan nasional bagi penduduk yang didaftarkan oleh pemerintah daerah tahun 2019," kata Kepala BPJS Cabang Payakumbuh, Ryan Abdullah Putra di Payakumbuh, Jumat.

Ia mengatakan kerja sama ini merupakan program JKSS berdasarkan Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor 50 tahun 2014 tentang integrasi jaminan kesehatan Sumatera Barat Sakato ke dalam jaminan kesehatan nasional melalui badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan.

Ryan mengatakan dengan perjanjian kerja sama ini pemda menanggung biaya premi bagi penduduk yang didaftarkan oleh pemerintah daerah tahun 2019 kedalam kepesertaan program jaminan kesehatan nasional.

"Jadi hari ini BPJS bersama-sama dengan tiga pemerintah daerah menandatangani kerja sama Jaminan Kesehatan Sumbar Sakato (JKSS) untuk memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat Kota Payakumbuh, Kabupaten Tanah dan Kabupaten Limapuluh Kota yang sudah didaftarkan ke dalam jaminan yang ditanggung pemerintah daerah," jelas Ryan.

BPJS Cabang Payakumbuh mencatat kepesertaan yang ditanggung JKSS sampai 2019 untuk Kota Payakumbuh tercatat sebanyak 44.204 jiwa, sebanyak 32.903 peserta pembiayaannya sharing dengan provinsi dan 11.500 peserta dengan pembiayaan 100 persen APBD.

Selanjutnya untuk Kabupaten Limapuluh Kota tercatat sebanyak 19.576 peserta dengan sebanyak 17.874 peserta pembiayaannya sharing dengan provinsi dan 1.702 peserta pembiayaan 100 persen dari APBD.

Sedangkan untuk Kabupaten Tanah Datar, total kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang ditanggung JKSS adalah sebanyak 62.105.

“Kerja sama dengan tiga pemda selama sudah terjalin cukup baik, kedepan semoga bisa 100 persen masuk kepersertaan JKSS," kata Ryan.

Dalam penandatanganan perjanjian kerja itu, Kota Payakumbuh diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan, Elzadaswarman, Kabupaten Limapuluh Kota diwakili Kepala Dinas Sosial, Harmen dan Kabupaten Tanah Datar diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan, Yesrita Zetriarnis.

Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh Elzadaswarman mengatakan iuran peserta JKN-KIS yang ditanggung pemda adalah berdasarkan Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor 50 tahun 2014 pasal 4 nomor 2. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar