KPU pastikan pendistribusian logistik pemilu untuk daerah sulit didahulukan

id Logistik Pemilu,KPU Solok Selatan,Pemilu Serentak 2019

Petugas menurunkan kotak suara Pemilu 2019 dari truk ke Gudang KPU. (FOTO/Weli Ayu Rejeki/Af/foc/18)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, mendahuluhan pendistribusian logistik pemilihan umum serentak 2019 bagi daerah yang sulit dijangkau.

"H-7 atau H-5 sudah mulai kami distribusikan dan yang didahulukan di daerah sulit. H-1 sebelum hari pemilih 17 April semua logistik pemilu sudah sampai di TPS," ujar Ketua KPU setempat Nila Puspita ktika dihubungi dari Padang, Jumat.

Sejumlah daerah sulit dijangkau yang menjadi didahulukan pendistribusian logistik pemilu seperti Lubuk Ulang Aling Kecamatan Sangir Batang Hari, Talao di Kecamatan Sangir Balai Janggo dan Tandai Kecamatan Sangir.

Kondisi cuaca yang tidak menentu dan jarak yang dari ibu kota kabupaten menjadi salah satu alasan kenapa daerah sulit menjadi daerah yang didahulukan dalam pendistribusian logistik pemilu.

Ia menambahkan Kotak suara pemilihan umum serentak 2019 untuk daerah sulit yang menempuh perjalanan jauh dan melintasi sungai akan dilapisi kembali dengan plastik agar tidak rusak, kata

"Kotak suara berbahan karton yang dilapisi plastik dan kedap air atau duplex. Bagi daerah sulit seperti Lubuk Ulang Aling yang harus melintasi sungai Batanghari akan kami lapisi kembali dengan plastik," ujarnya.

Kotak suara pemilu untuk Solok Selatan berjumlah 2.990 buah, sementara bilik suara 2.232 unit dengan rincian satu tempat pemungutan suara empat bilik suara.

Tempat pemungutan suara pemilu 2019 di Solok Selatan berjumlah 558 TPS.

Selain kotak suara dan bilik suara, logistik pemilu yang telah sampai ke Solok Selatan berupa sampul, tinta, stiker, hologram, paku alat pencoblosan.

"Yang belum surat suara," ujarnya.

Untuk pencetakan surat suara calon anggota DPRD kabupaten/kota, sebutnya masih menunggu surat edaran dari KPU RI apakah dilimpahkan ke daerah atau diambil kewenanganya di pusat.

"Sebelumnya memang ada wacana akan dilimpahkan ke kabupaten/kota tapi sampai sekarang belum ada surat edarannya. Kami masih menunggu," ujarnya.

Pemilihan umum 2019 ini dilakukan secara serentak untuk memilih calon presiden dan calon wakil presiden serta anggota DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPR RI dan DPD RI. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar