Tarif batas bawah ojek daring di kisaran Rp2.000-Rp2.500

id Ojek Daring,Tarif batas bawah ojek daring

Tarif batas bawah ojek daring di kisaran Rp2.000-Rp2.500

Padang- Salah seorang warga memantau ojek berbasis daring . (Miko Elfisha/Antara Sumbar)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Tarif batas bawah ojek daring diperkirakan akan berada di kisaran Rp2.000 dan Rp2.500, kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi.

Budi di sela-sela Focus Group Discussion persiapan penyusunan peraturan menteri ojek daring di Jakarta, Kamis, mengatakan tarif memang akan diatur, namun dalam rancangan (draf) belum ditetapkan besarannya.

Namun, dia menegaskan tarif batas ojek daring tidak akan di atas tarif batas taksi daring.

"Kalau taksi online itu Rp3.500, mungkin bisa Rp2.000-Rp2.500, tarif atasnya pasti enggak mungkin di atas Rp3.500," katanya.

Budi mengatakan masalah tarif ini merupakan hal prioritas yang harus dibahas dibanding dengan tiga aspek lainnya, seperti terkait pemberhentian pengemudi ojek (suspension), keselamatan dan kemitraan.

"Kalau saya perhatikan, di antara keempat ini yang prioritas sekali dan kemungkinan saya harus ada titik temu dengan pihak pengemudi dan aplikator terkait masalah tarif," katanya.

Budi menambahkan pihaknya juga tidak menetapkan tarif berdasarkan per kilometer, tetapi dengan sistem batas atas dan batas bawah.

"Katakan per kilometer minimal kita membuat tarif terendah, dan juga tarif teratas, tarif batas bawah, tarif batas atas nanti kita akan lakukan perhitungan," katanya.

Terdapat sejumlah aspek dalam penentuan tarif batas tersebut, di antaranya biaya langsung dan tidak langsung, investasi, biaya operasional, penyusutan kendaraan, bahan bakar minyak termasuk jam kerja pengemudi.

"Tarif versi aplikator dan versi pengemudi itu harus seimbang dengan tingkat penyusutan kendaraan, bensin, kesehatan dan yang lain," katanya. (*)