RSUD Padang Pariaman turunkan sejumlah dokter spesialis sukseskan Gapura

id RSUD Padang Pariaman

RSUD Padang Pariaman turunkan sejumlah dokter spesialis sukseskan Gapura

Gedung RSUD Padang Pariaman di Parit Malintang. (Antara Sumbar/Aadiat MS)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, akan menurunkan sejumlah dokter spesialis guna menyukseskan Gerai Pelayanan untuk Rakyat (Gapura) yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 186 daerah itu.

"Gapura ini merupakan pelayanan kesehatan lapangan, dan kami ikut menyukseskannya," kata Direktur RSUD Padang Pariaman, Lismawati di Parit Malintang, Kamis.

Dalam kegiatan ini pihaknya menyediakan pelayanan kesehatan dengan langsung ditangani dokter spesialis dari RSUD Padang Pariaman.

"Pelayanan kesehatan yang diberikan ini bersifat gratis," ujarnya.

Dokter spesialis pada pelaksanaan pelayanan ini yaitu spesialis bedah, anak, syaraf, obstetri dan ginekologi, paru, kulit dan kelamin, mulut dan gigi, mata, serta patologi anatomi.

Dokter spesialis ini akan memberikan pelayanan di antaranya bedah untuk sirkumsisi dan operasi bibir sumbing.

Pada kesempatan itu, pihaknya juga menyediakan pelayanan deteksi dini tumbuh kembang bayi dan balita, dan pemeriksaan USG ibu hamil.

Seterusnya screening fungsi kognitif pada usia lanjut menggunakan instrumen MMSE dan MoCA, pemeriksaan EKG, pemeriksaan fungsi paru dengan spiromteri.

Selanjutnya screning katarak, pemeriksaan dan konsultasi mengenai gigi, dan deteksi kanker rahim dengan pemeriksaan papsmear.

Sebagian besar pelayanan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Padang Pariaman, sedangkan untuk pelayanan yang bersifat operasi dilaksanakan di ruang operasi RSUD itu.

Pihaknya juga bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia guna memanfaatkan banyaknya pengunjung yang hadir pada Gapura tersebut.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman menggelar Gapura pada peringatan HUT ke 186 daerah itu.

"Gapura dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Padang Pariaman selama 3 hari yaitu pada 9, 10 dan 11 Januari 2019," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Padang Pariaman, Andri Satria Masri di Parit Malintang.

Ia mengatakan Gapura tersebut merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati HUT Padang Pariaman yang jatuh pada 11 Januari.

Pada Gapura tersebut tersedia pelayanan publik dari sejumlah instansi pemerintahan di daerah itu.***3***

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar