Padang Panjang terima penghargaan Indeks Kota Cerdas Indonesia

id Fadly Amran

Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran menerima penghargaan Kota cerdas kategori kota kecil dari Litbang Kompas. (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang, (Antaranews Sumbar) - Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, menerima penghargaan dari Litbang Kompas Grup Media (KG Media) setelah menduduki peringkat pertama Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) kategori kota kecil.

Penghargaan diserahkan oleh CEO KG Media Andi Budiman kepada Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran di Jakarta, Rabu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Padang Panjang Marwilis dalam keterangannya menjelaskan penilaian kota cerdas (smart city) diukur oleh KG Media secara periodik.

Padang Panjang menduduki peringkat pertama di kategori kota kecil diikuti Sungai Penuh dan Kota Solok di peringat dua dan tiga. Kategori lain yaitu kota metropolitan, kota besar dan kota sedang.

"Penghargaan di awal 2019 ini diharapkan menjadi motivasi bagi perangkat daerah di Padang Panjang untuk mengisi aktivitas melayani masyarakat dengan lebih baik dari sebelumnya," katanya.

Setelah menerima penghargaan itu, menurutnya makin besar tanggung jawab pemerintah daerah untuk lebih memajukan kota dengan luas 23 kilometer persegi tersebut.

Sementara usai penyerahan penghargaan dilakukan acara bincang-bincang yang diikuti para pemenang Indeks Kota Cerdas Indonesia. Acara tersebut membahas langkah yang telah dilaksanakan setiap daerah untuk menjadi "smart city" dan langkah selanjutnya yang akan dilakukan untuk terus mengembangkan daerah.

"Pertemuan itu menjadi sebuah kesempatan yang bagus karena ada saling tukar informasi dan ide. Bisa diimplementasikan untuk di Padang Panjang nanti," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar