Awal tahun harga bawang naik di Agam

id Bawang

Pedagang memilah bawang merah ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/kye.

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Harga bawang merah dan putih naik di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, semenjak awal 2019 akibat produksi berkurang.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Agam, Nelfia Fauzana di Lubukbasung, Sabtu mengatakan harga bawang merah naik dari Rp12 ribu menjadi Rp27 ribu per kilogram dan bawang putih dari Rp25 ribu menjadi Rp48 ribu per kilogram.

"Harga bawang merah naik sebesar Rp27 ribu per kilogram dan bawang putih naik Rp23 ribu per kilogram semenjak awal 2019," katanya.

Ia mengatakan, naiknya harga bawang ini akibat produksi berkurang dari daerah penghasil seperti, Solok, Agam dan lainnya.

Ini akibat curah hujan cukup tinggi melanda daerah itu pada akhir 2018.

Selain harga bawang, katanya, harga hati sapi juga naik dari Rp120 ribu menjadi Rp130 ribu per kilogram, beras benang pulau kwalitas satu dari Rp12 ribu menjadi Rp13 ribu per kilogram.

Sementara harga tepung Bogasari protein tinggi dari Rp7 ribu menjadi Rp8 ribu per kilogram, tepung Bogasari protein sedang dari Rp7 ribu menjadi Rp8 ribu per kilogram dan lainnya.

Sementara itu harga kebutuhan yang turun diantaranya beras benang pulau kwalitas dua dari Rp12 ribu menjadi Rp11 ribu per kilogram, gula pasir lokal dari Rp12 ribu menjadi Rp11,5 ribu per kilogram, minyak kemasan biasa dari Rp14 ribu menjadi Rp13 ribu per kilogram.

Selain itu harga minyak curah dari Rp10 ribu menjadi Rp8,5 ribu per kilogram, tepung Bogasari protein rendah dari Rp7 ribu menjadi Rp6,5 ribu per kilogram, tepung segitiga biru dari Rp10 ribu menjadi Rp9 ribu per kilogram, ayam kampung dari Rp70 ribu menjadi Rp60 ribu per ekor, kentang dari Rp10 ribu menjadi Rp8 ribu per kilogram dan lainnya.

Komoditad dengan harga yang masih normal diantaranya beras sokan Rp13 per kilogram, beras Ir 42 Rp12 ribu per kilogram, beras kuruik kusuik Rp14 ribu per kilogram, daging ayam Rp50 per kilogram, telur ayam kampung Rp2.500 per butir, telur ayam ras Rp1.800 per butir dan lainnya.

"Ini keterangan dari sejumlah pedagang di pasar tradisional di daerah itu saat tim melakukan pendataan harga bahan kebutuhan pokok," katanya.

Salah seorang pedagang di Pasar Lama Lubukbasung, Wati (52) menambahkan, naiknya harga bawang itu tidak mempengaruhi permintaan dari konsumen.

Setiap hari pasar bawang merah habis terjual sekitar 50-70 kilogram dan bawang putih sekitar 20-30 kilogram.

"Saat harga murah, bawang terjual sekitar 60-80 kilogram dan bawang merah sekitar 30-40 kilogram per hari," katanya. (*)

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar