Bupati Pesisir Selatan bertekad mengulangi kejayaan kawasan Bandar Sepuluh

id Hendrajoni

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni bertekad mengulang kejayaan yang pernah diraih kawasan Bandar Sepuluh yang eksis sebelum zaman penjajahan.

"Dulunya Bandar Sepuluh merupakan kawasan yang berkembang, setiap harinya terdapat aktivitas pelabuhan yang ramai tidak hanya pengapalan emas, namun juga ada hasil bumi seperti lada ke mancanegara," kata dia di Painan, Jumat.

Kawasan Bandar Sepuluh jika dilihat dari situasi saat ini kawasan itu memanjang dari Kecamatan Batang Kapas, Sutera, Lengayang, Ranah Pesisir, Linggo Sari Baganti hingga Air Haji

Dimana pada waktu dulu, kawasan ini dipimpin oleh seorang raja yang bijak dari keturunan Kerajaan Sungai Pagu di Kabupaten Solok Selatan, pembangunan kawasan berlangsung dengan pesat, dan rakyat hidup dengan makmur.

Namun seiring berjalannya waktu semuanya berubah mulai dari anjloknya perekonomian hingga berdampak pada tatanan bermasyarakat.

"Saya sebagai keturunan asli Bandar Sepuluh bertekad untuk kembali mengulangi kejayaan itu, namun kali ini tidak hanya untuk masyarakat Bandar Sepuluh, namun masyarakat Pesisir Selatan secara umum dari Koto XI Tarusan hingga Silaut," katanya.

Menurutnya kejayaan Bandar Sepuluh mulai bisa dirasakan, hal itu bisa dilihat dengan pesatnya pembangunan saat ini, mulai dengan pembangunan jalan Lintas Sumatera, pembangunan gedung pemerintah yang megah, perbaikan rumah layak dan lainnya.

Bahkan dengan terus dilakukannya pengembangan Pelabuhan Panasahan ia yakin kejayaan itu akan kembali terulang, termasuk dengan pengembangan pariwisata yang terus dilakukan.

Apalagi katanya dengan terealisasinya jalan tembus dari Kambang, daerah setempat ke Muara Labuh, Kabupaten Solok Selatan maka akan mendorong percepatan perkembangan ekonomi masyarakat setempat.

"Khusus jalan tembus ini terus kami upayakan, semoga semuanya berjalan sesuai rencana sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya lagi. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar