10 tim bersaing di penyisihan Minangkabau Cup II di Padang

id Minangkabau Cup

10 tim bersaing di penyisihan Minangkabau Cup II di Padang

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno didampingi Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal saat membuka Minangkabau Cup di GOR Agus Salim Padang. (Ist)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Kota Padang Sumatera Barat akan menggelar babak penyisihan Minangkabau Cup II yang diikuti 10 tim kecamatan yang ada di kota tersebut.

Panitia Lokal Minangkabau Cup Padang Nofiardi di Padang, Kamis mengatakan pertandingan pembuka untuk Kota Padang akan digelar Sabtu (5/1) di dua lapangan yakni Lapangan BBC Batuang Taba dan Lapangan Brandon Lapai.

Menurut dia 10 tim dibagi dalam tiga grup, untuk Grup A ditempati oleh empat tim kecamatan yaitu Lubuk Begalung, Padang Barat, Padang Utara dan Koto Tangah.

Sedangkan untuk Grup B diisi oleh tim Kecamatan Nanggalo, Pauh dan Lubuk Kilangan. Sementara untuk Grup C akan ditempati tim Kecamatan Kuranji, Bungus Teluk Kabung, dan Padang Timur.

“Awalnya 11 tim yang akan mengikuti namun ada satu tim yang mengundurkan diri yakni Kecamatan Padang Selatan. Kami telah menerima berkas tim serta pemain dan kompetisi siap dijalankan,” ujar dia.

Ia menjelaskan skema pertandingan nanti akan diawali babak penyisihan dengan menggunakan sistem setengah kompetisi. Dua tim terbaik dari setiap grup serta peringkat ketiga di Grup A yang dihuni empat tim serta satu tim terbaik dari Grup B dan Grup C akan maju ke babak delapan besar.

“Ada delapan tim yang nanti bertanding di babak selanjutnya untuk terus memperebutkan juara di babak penyisihan ini dan mewakili Kota Padang berlaga di tingkat Sumbar” ujar dia.

Sementara Ketua Pelaksana Minangkabau Cup Tria Ola Suprajeni mengatakan ini turnamen ketiga yang digelar oleh Spartan Enterprise. Dulunya turnamen ini bernama Irman Gusman Cup dan diubah menjadi Minangkabau Cup I dan II.

Ini merupakan Minangakabau Cup ketiga yang digelar dan melibatkan 160 tim dalam 325 pertandingan. Untuk babak penyisihan, setiap kota dan kabupaten akan menggelar turnamen setengah kompetisi. Di antara seluruh tim yang bertanding akan ada perwakilan kota dan kabupaten selanjutnya mereka akan memasuki penyisihan di tingkat Sumbar.

Setiap kota dan kabupaten akan meloloskan tim tergantung dengan jumlah kecamatannya, jika kota itu memiliki satu hingga tujuh kecamatan maka hanya satu tim yang mewakili kota atau kabupaten tersebut.

Setelah itu apabila mereka memiliki jumlah kecamatan antara tujuh hingga 12 kecamatan maka mereka akan diwakili dua tim dan bagi kota atau kabupaten yang memiliki 12-14 kecamatan akan mengirimkan tiga tim.

Selanjutnya di babak penyisihan tingkat Sumbar akan ada 34 tim yang akan digelar di delapan kota, sementara untuk babak 16 besar di gelar di empat kota, sedangkan untuk babak delapan besar digelar di dua kota di Sumbar. Kemudian untuk partai semifinal dan final akan digelar di Kota Padang.

“Kompetisi ini akan dilaksanakan secara marathon selama empat bulan yang dimulai dari 15 Desember 2018 dan ditutup di partai final pada 23 Maret 2019,” katanya. (*)