Polres Agam kerahkan 300 personel amankan malam pergantian tahun

id Ferry Suwandi

Polres Agam kerahkan 300 personel amankan malam pergantian tahun

Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi memberikan keterangan kepada wartawan di Aula Wibisono Polres setempat, Senin (31/12). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Kepolisian Resor Agam, Sumatera Barat, mengerahkan 300 personel untuk mengamankan jalannya pergantian tahun dalam menjaga kondisi keamanan dan keterlibatan masyarakat di wilayah hukum Polres itu.

Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi di Lubukbasung, Senin, mengatakan, ke 300 personel itu akan dikerahkan di pusat keramaian, objek wisata dan lainnya.

"Mereka ini akan ditempatkan di daerah rawan kemacetan, lokasi keramaian dan lainnya," katanya.

Ke 300 personel ini, tambahnya, belum termasuk personel dari Kodim 0304 Agam, Satpol PP Damkar, Dinas Perhubungan dan lainnya.

Dengan pengamanan ini, pihaknya berharap kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polres itu menjadi aman dan kondusif.

"Kita tidak menginginkan terjadi kasus selama malam pergantian tahun," katanya.

Sebelumnya, Pemkab Agam telah membuat surat imbauan kepada warga agar tidak merayakan malam pergantian tahun.

Pemilik dan pelaku wisata diminta agar tidak membuka objek wisata pada malam pergantian tahun.

Sementara itu, Bupati Agam Indra Catri menambahkan, surat edaran itu telah diberikan kepada pengelolaan objek wisata, intansi terkait, MUI, pemerintah nagari dan lainnya.

Dalam imbauan itu, pihaknya tidak melarang orang berlibur, berpesta dan lainnya, tetapi tidak dilakukan pada malam hari karena malam rentan terhadap prilaku menyimpang.

Tidak menutup kemungkinan objek wisata pada malam tahun baru beredar obat terlarang, alat kontra sepsi dan melakukan tauran.

"Ini mudaratnya lebih banyak dan tidak saja mencoreng para pelaku, namun daerah dimana mereka berada juga tercoreng akibat perbuatan mereka," katanya. (*)