Polisi perkirakan arus lalu lintas di Padang Panjang tak sepadat libur Lebaran

id polisi

Ilustrasi - Polisi. (Antara) (Antara/)

Padang Panjang, (Antaranews Sumbar) - Kepolisian Resor Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, memperkirakan arus lalu lintas di wilayah itu saat pergantian tahun dan libur Tahun Baru tidak akan sepadat saat masa libur lebaran.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Padang Panjang Iptu B Mendrofa di Padang Panjang, Senin, mengatakan hal itu disebabkan selain waktu libur yang singkat juga karena jembatan amblas di Kayu Tanam yang kini memanfaatkan jembatan darurat satu jalur.

Kondisi itu menurutnya akan mengurangi jumlah pengendara memilih melewati Padang Panjang yang merupakan jalur utama penghubung Padang dan Bukittinggi.

Meski demikian pihaknya tetap melakukan antisipasi karena di wilayah Polres Padang Panjang terdapat objek wisata yang kerap ramai dikunjungi saat hari libur seperti air terjun Lembah Anai dan pemandian Mega Mendung.

Pada pengelola objek wisata dan juru parkir pihaknya sudah menekankan agar kendaraan pengunjung dilarang parkir di pinggir jalan.

Selain itu jika ingin memungut biaya parkir juga diwajibkan agar melakukan pungutan saat kendaraan berada di dalam area parkir, bukan saat kendaraan telah keluar dan memasuki jalan.

"Proses membayar parkir ini bisa menyebabkan arus terhenti, apalagi kalau ada pengembalian uang. Jadi kami minta bayar parkir saat masih di dalam area parkir," jelasnya.

Di samping antisipasi kemacetan di objek wisata, kepolisian bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Padang Panjang juga melakukan antisipasi kemacetan akibat kendaraan mogok dengan menyiapkan dua unit kendaraan derek.

"Satu kami siagakan di Lembah Anai dan satu unit lainnya di dalam kota," katanya.

Dalam menyambut pergantian tahun, kepolisian setempat melalui Operasi Lilin Singgalang telah menyiapkan tiga pos pengamanan berlokasi di dekat air terjun Lembah Anai, Hotel Flaminggo Padang Panjang dan di Pasar Koto Baru.

Bagi para pengendara yang menikmati libur ia mengingatkan agar tetap mematuhi aturan berlalu lintas dengan memperhatikan kondisi kelayakan kendaraan, memakai sabuk pengaman dan helm serta membawa surat-surat kendaraan.

"Yang lebih kami tekankan juga perhatikan kondisi badan saat mengemudi, jika memang sudah lelah berhentilah untuk istirahat sejenak agar tidak membahayakan diri dan pengendara lain di jalan," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar