Baznas Pesisir Selatan rehab 185 unit rumah tidak layak

id baznas

Painan, (Antaranews Sumbar) - Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat merehabilitasi 185 unit rumah tidak layak menjadi layak di daerah setempat sepanjang 2018.

"Jumlah ini mengalami peningkatan jika dibanding 2017, waktu itu kami hanya merehabilitasi 148 unit rumah," kata Kepala Baznas Pesisir Selatan, Yuspardi di Painan, Sabtu.

Selain itu, pihaknya juga mengungkap bahwa rehabilitasi rumah tidak layak tahun ini melebihi target yakni sebanyak 170 unit saja.

Kendati demikian, jumlah rumah yang akan direhabilitasi bisa ditambah jika terjadi situasi-situasi darurat seperti kebakaran, abrasi dan lain sebagainya.

"Jika situasi itu terjadi maka jumlah rumah yang akan direhabilitasi akan ditambah," kata dia.

Ia melanjutkan, pencapaian kinerja di luar target tidak terlepas dari melonjaknya capaian zakat pada daerah setempat.

"Kesadaran untuk berzakat di Pesisir Selatan sudah cukup tinggi sehingga pungutannya melebihi target. Target hanya Rp5 miliar namun berhasil dikumpulkan Rp6,7 miliar hingga awal Desember," ujarnya.

Bahkan pihaknya memperkirakan jumlah itu akan terus meningkat menjadi Rp7,5 miliar hingga akhir 2018.

Selain merehabilitasi 185 unit rumah tidak layak, pada 2018 Baznas Pesisir Selatan juga telah menyerahkan beasiswa kepada 2.010 pelajar sekolah dasar sederajat dan 1.221 pelajar sekolah menengah pertama sederajat.

Selanjutnya, beasiswa bagi 275 pelajar sekolah menengah atas sederajat serta beasiswa bagi 1.096 mahasiswa strata satu dan 13 mahasiswa strata dua asal daerah setempat
Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar