Bupati Tanah Datar dorong OPD tingkatkan pelayanan ke masyarakat

id PELAYANAN,PUBLIK, MASYARAKAT

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi. (Antara Sumbar/Syahrul R)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Irdinansyah Tarmizi mendorong agar setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di daerah itu terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada publik sesuai dengan Misi RPJMD daerah," katanya di Batusangkar, Sabtu.

Ia menyebutkan, pada tahun 2018 ini Pemkab Tanah Datar melalui bagian organisasi telah melakukan pembinaan dan inisiasi ke tingkat nagari untuk menyelenggarakan pelayanan publik.

Selain itu pihkanya juga sudah melakukan evaluasi terhadap setiap OPD dan nagari yang ada di daerahnya.

Dari evaluasi terhadap pemenuhan komponen standar pelayanan publik perangkat nagari dan perangkat daerah di lingkungan pemerintah Tanah Datar menghasilkan tiga tingkat kepatuhan.

Warna hijau untuk kepatuhan tingkat tinggi, warna kuning untuk kepatuhan tingkat sedang dan warna merah kepatuhan tingkat rendah.

Ia menjabarkan, di daerah itu terdapat 22 OPD dengan nilai hijau dan sembilan di antaranya bernilai 100 dan selebihnya bernilai 80,5 sampai 99.

Sementara untuk nilai kuning terdapat tujuh OPD dengan angka 57,5 sampai 78 serta sepuluh OPD untuk nilai merah .

Sedangkan untuk tingkat nagari, nagari terbaik dengan warna hijau kepatuhan tinggi diperoleh Nagari Simpuruik Kecamatan Sungai Tarab dengan nilai 87 dan Nagari Baringin Kecamatan Lima Kaum nilai 85.

Selanjutnya Nagari Lubuak Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara dengan nilai 85, Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara dengan nilai 83,5 dan Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan dengan nilai 83,5.

"Untuk nagari dengan nilai kuning ada tiga nagari dan kriteria merah 18 nagari," katanya.

Sebelumnya Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumbar, Adel Wahidi menyampaikan Tanah Datar cukup memiliki komitmen untuk terus meningkatkan pelayanan publik.

“Komitmen dan perhatian Pemerintah Tanah Datar terhadap peningkatan pelayanan publik patut diberikan apresiasi dan menjadi rujukan bagi daerah lain, karena dengan peningkatan akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat,” ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar