Bupati minta karang taruna lakukan penguatan organisasi

id karang taruna, bupati

Pelantikan pengurus Karang Taruna Kabupaten Tanah Datar. (Antara Sumbar/ist)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, meminta agar organisasi yang ada di daerah tersebut melakukan konsolidasi atau penguatan organisasi hingga ke tingkat nagari.

"Sebagai organisasi sosial yang bergerak pada bidang pemberdayaan masyarakat terutama generasi muda, organisasi karang taruna harus di konsolidasi," katanya di Batusangkar, Jumat.

Ia mengatakan sebagai organisasi kepemudaan, karang taruna berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga di mana telah diatur tentang struktur penggurus dan masa jabatan di masing-masing wilayah mulai dari jorong, nagari hingga sampai tingkat nasional.

Selain itu, menurutnya karang taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis yang produktif.

Hal itu dilakukan dengan menggerakkan semua potensi yang tersedia di lingkungan, baik Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sumber Daya Alam (SDA) yang tersedia.

Sementara itu Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra mengatakan karang taruna memiliki mannnnfaat yang besar untuk sosial dan kemasyarakatan.

"Saya besar dari karang taruna, pernah menjabat ketua karang taruna, jadi sangat besar manfaatnya organisasi ini bagi sosial kemasyarakatan dan pemberdayaan ekonomi," kata dia.

Sebelumnya Bupati Irdinansyah mengukuhkan pengurus karang taruna di daerah tersebut periode 2018-2023 yang di ketuai oleh Beni Remon di Gedung Indo Jolito Batusangkar. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar