Bupati Irdinansyah harapkan penghulu lakukan tugas dengan baik

id penghulu, bupati

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi. (ANTARA SUMBAR/ist)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Irdinansyah Tarmizi mengharapkan agar penghulu dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab yang telah diamanahkan kepada mereka dengan baik.

"Diharapkan kepada para pangulu yang diberikan amanah untuk bisa mengembannya dengan sebaik mungkin,” katanya usai pengukuhan penghulu di Nagari Sungai Jambu, Rabu lalu.

Selain itu ia menyebutkan, Pangulu bertanggungjawab untuk menjaga anggota kaum, suku dan nagari serta harus mampu menyelesaikan segala persoalan terkait anak kemenakan dan kaum.

Menurutnya, peranan penghulu di tengah-tengah masyarakat sangatlah berdampak besar, dalam pepatah Minang disebut'batangnyo tampek basanda, dahannyo tampek bataduah, buahnyo untuak ka dimakan, daunnyo tampek balinduang'.

"Untuk itu pemerintah mendukung setiap kaum bisa melawakan gala yangtalipek atau sudah tidak dipakai danmambangkik batang tarandam,” ujarnya.

Sementara itu Ketua LKAAM Tanah Datar, Hafzi Datuak Batuah mengatakan malewakan gala pangulu ini merupakan hasil kesepakatan kaum masing-masing.

Ia mengatakan dalam pepatah Minang disebutkan'mandirikan rajo sapakaian alam, mandirikan Panghulu sakato kaum',yang berarti seorang penghulu telah resmi menjadi pemimpin di kaumnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar