Nagari Indudur Kabupaten Solok jadi Kampung Tertib Lalu Lintas

id Nagari Tertib lalu Lintas,Polres Solok

Bupati Solok Gusmal dan Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan menggunting pita peresmian Nagari Indudur sebagai kampung tertib berlalu lintas. (Antara Sumbar/ Tri Asmaini)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Bupati Solok, Sumatera Barat Gusmal dan Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan meresmikan Nagari Indudur, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok menjadi nagari percontohan dalam upaya tertib berlalu lintas.

"Hal ini menegaskan bahwa Indudur sebagai nagari kreatif, inovatif dan taat aturan, sehingga bisa mendeklarasikan daerahnya sebagai kampung tertib lalu lintas," kata Bupati Solok Gusmal di Indudur, Kamis.

Gusmal mengaku bangga dengan peresmian Nagari Indudur sebagai Nagari tertib berlalu lintas.

Menurutnya, rambu-rambu lalu lintas yang selama ini terbuat dari triplek dan bambu, harus segera diganti menjadi rambu-rambu permanen. Sehingga, Nagari tertib lalu lintas bisa menjadi contoh bagi nagari lainnya di Kabupaten Solok.

“Peresmian nagari tertib berlalu lintas ini merupakan salah satu dari konsep empat pilar pembangunan Kabupaten Solok. Yakni mewujudkan tata pemerintahan yang baik.," katanya.

Tertib berlalu lintas merupakan upaya menumbuhkan kesadaran dan ketaatan terhadap aturan, sehingga terbiasa dengan disiplin berlalu lintas.

Sementara itu, Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan menyatakan dirinya dan Polres Solok Kota sangat salut dan terharu terhadap komitmen masyarakat Nagari Indudur dalam mewujudkan komitmen tertib berlalu lintas.

Dony Setiawan menyatakan dirinya sangat tersentuh dengan kesediaan masyarakat dan pemerintahan nagari dalam membantu tugas kepolisian dan keselamatan berlalu lintas.

“Saya berterima kasih kepada masyarakat Indudur. Karena selama ini, telah banyak membantu Polres dalam menegakkan ketertiban berlalu lintas," ujarnya.

Ia juga menyebutkan kehangatan, kebersamaan, dan persaudaraan di Nagari Indudur akan selalu menjadi kenangan tak terlupakan bagi dirinya dan personel Polres Solok Kota.

Dony juga menyatakan dirinya sangat salut dengan Wali Nagari Indudur Zofra Wandi sebagai walinagari yang sangat kreatif, visioner dan inovatif. Menurutnya, hal itu layak menjadi contoh bagi nagari lainnya.

Wali Nagari Indudur Zofra Wandi menyatakan “Nagari Tertib Lalu Lintas” adalah jati diri masyarakat dalam mematuhi aturan. Menurutnya, meski daerah tersebut berada di kampung, bukan berarti aturan tidak berlaku.

“Taat aturan harus jadi jati diri, bukan keterpaksaan. Tapi harus menanamkan disiplin dari kampung. Semuanya harus memakai helm dan memakai kelengkapan kendaraan sesuai standar. Bukan karena ada razia atau adanya polisi, tapi harus dari kesadaran,” ujarnya.

Indudur merupakan sebuah nagari di timur laut Kabupaten Solok yang didominasi hutan, ladang persawahan seluas 1.400 hektar di ketinggian 532 meter dari permukaan laut. Terdiri dari dua jorong yakni Jorong Kubang Jorong Lembang dengan populasi sekitar 750 orang.

Acara juga dihadiri Kasat Lantas Iptu Sugeng Riadi, Kaur Bins Opsnal (KBO) Ipda Thamrin, Kapolsek Sungai Lasi Iptu Muhammad Sugindo dan lainnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar