Ucapan bela sungkawa tsunami di Selat Sunda pun datang dari Ratu Elizabeth II

id Tsunami di Selat Sunda,Ratu Elizabeth II,Ucapan Bela Sungkawa

Ucapan bela sungkawa tsunami di Selat Sunda pun datang dari Ratu Elizabeth II

Pemandangan kawasan Kecamatan Sumur yang hancur diterjang gelombang tsunami Selat Sunda di Pandeglang, Banten, Selasa (25/12/2018). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, korban meninggal dunia akibat tsunami yang melanda wilayah pantai sekitar Selat Sunda bertambah menjadi 222 orang. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/ama.)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Ratu Elizabeth II dari Inggris mengungkapkan rasa duka mendalam atas bencana Tsunami di Selat Sunda, Provinsi Banten dan Lampung pada Sabtu (22/12) yang memakan korban jiwa sebanyak 429 jiwa dan meluluhlantahkan sebagian bangunan.

"Pangeran Philip dan saya sangat sedih mengetahui banyaknya nyawa yang hilang setelah Tsunami dahsyat melanda Indonesia," ujar Ratu Elizabeth II dalam keterangan tertulisnya diumumkan laman resmi Royal Family di Jakarta, Rabu.

Ungkapan belasungkawa dan simpati dari Ratu Elizabeth II itu disampaikan kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia.

"Kami mengucapkan belasungkawa yang mendalam bagi semua yang kehilangan orang tercinta, dan para korban yang rumahnya hancur dan semua yang terkena dampak tsunami," lanjut dia.

Ratu Elizabeth II juga menghargai keberanian dan dedikasi dari para relawan yang memberikan layanan darurat kepada para korban bencana tsunami.

Berdasarkan data sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), korban jiwa akibat tsunami di Selat Sunda mencapai 429 orang.

BNPB juga mencatat hingga hari ketiga pascatsunami Selat Sunda, sebanyak 1.485 orang luka-luka, 154 hilang dan 16.082 orang mengungsi akibat tsunami pada Sabtu (22/12) malam tersebut.

Tsunami tersebut berdampak pada lima kabupaten yaitu Pandeglang dan Serang di Provinsi Banten, serta Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran dan Tanggamus di Provinsi Lampung. (*)