Trump: Arab Saudi akan bayar pembangunan kembali Suriah

id Donald Trump

Trump: Arab Saudi akan bayar pembangunan kembali Suriah

Presiden AS, Donald Trump. (cc)

Washington, (Antaranews Sumbar) - Presiden AS Donald Trump pada Senin (24/12) mengatakan Arab Saudi akan mengeluarkan uang untuk membantu pembangunan kembali Suriah.

"Arab Saudi sekarang sudah setuju, dan bukan Amerika Serikat, untuk mengeluarkan uang yang diperlukan guna membantu pembangunan kembali Suriah," kata Trump di akun Twitter, sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa siang.

"Lihat? Bukankan bagus ketika negara yang sangat kaya membantu membangun kembali tetangga mereka dan bukan Negara Besar, AS, yang berjarak 5.000 mil jauhnya. Terima kasih kepada A. Saudi!" tulis Trump.

Trump mengeluarkan pengumuman yang mengejutkan pekan lalu bahwa AS akan menarik tentara dari Suriah, setelah percakapan telepon dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan. Kedua pemimpin itu menyepakati perlunya bagi koordinasi yang lebih efektif mengenai negara yang dicabik perang tersebut.

Beberapa laporan menyatakan pasukan AS akan pergi dalam waktu 60 sampai 100 hari.

Keputusan Trump untuk keluar dari Suriah diikuti oleh pengunduran diri Menteri Pertahanan James Mattis dan Wakil Khusus Presiden Urusan Koalisi Global untuk Mengalahkan Da'esh, Brett McGurk.

Penarikan itu dilakukan pada malam kemungkinan operasi militer Turki di bagian timur-laut Suriah terhadap kelompok teror YPG/PKK.

Arab Saudi pada Agustus menjanjikan bantuan 100 juta dolar AS untuk membangun kembali Provinsi Ar-Raqqah, yang diporak-porandakan oleh kelompok teror Da'esh. (*)