PLN Ganti Lahan Untuk GI Rp8,6 Miliar

id PLN Ganti Lahan Untuk GI Rp8,6 Miliar

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - PT. PLN Persero melalui Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat menyerahkan uang ganti kerugian tanah pembangunan gardu induk (GI) di Kelurahan Kapalo, Selasa.

Uang ganti kerugian sebesar Rp8.672.291.000 tersebut diserahkan secara simbolis oleh wali Kota Riza Falepi kepada tiga pemilik tanah di hadapan sejumlah saksi di Balaikota Payakumbuh.

"Uang ganti kerugian itu saat ini telah berada dalam buku tabungan pemilik tanah bersangkutan," kata Riza.

Penyerahan tersebut diawali oleh Kepala PLN Unit Pelaksana Konstruksi Jaringan Sumatera II Regional V diwakili Nurindah Aristi kepada Wali Kota Riza Falepi, dan selanjutnya diserahkan kepada perwakilan pemilik tanah Estelita Rina.

Pemilik tanah lainnya, yakni Dess Demona dan Diana Anggraini juga ikut hadir dalam acara tersebut. Ikut pula dalam acara Sekdako Payakumbuh Irwandi, Kepala Kantor Pertanahan Kusuma, Asisten I Setdako Yoherman, Kadis Tata Ruang dan Kebersihan, Marta Minanda, perwakilan dari kepolisian serta Camat Payakumbuh Selatan Elfriza Zaharman dan Camat Payakumbuh Timur, Yunida Fatwa.

Menurut Wali Kota, tanah seluas total 34.600 meter persegi itu telah resmi menjadi milik PLN dan akan diperuntukkan bagi pembangunan gardu indukPLN berkapasitas 275 KV.

Dia memberikan apresiasi kepada tiga pemilik tanah yang telah bersedia mengalihfungsikan tanahnya buat pembangunan GI. "Kehadiran GI di Payakumbuh akan punya multiplier efek untuk warga Payakumbuh dan sekitarnya," kata dia.

Menurutnya pembangunan GI yang nantinya akan mengalirkan arus listrik sampai ke Pekanbaru (Riau) ke Padang Sidempuan (Sumut) dan ke Kiliran Jao, Dharmasraya tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Industri besar dan industri rumah tangga akan tumbuh di setiap daerah yang dilewati arus listrik tegangan tinggi ini, katanya. "PLN telah menjawab tantangan, terhadap kebutuhan listrik ke depan," kata dia. (**/mko/jno)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar