Kelompok Tani Tanah Datar dapat bantuan alat mesin pertanian

id Pertanian

Bantuan Alsintan untuk sejumlah kelompok tani di Kabupaten Tanah Datar, (Antara Sumbar/ist)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Sejumlah kelompok tani di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) mendapatkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dari Kementerian Pertanian RI.

Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar, Yulfiardi di Batusangkar, Senin, mengatakan alat pertanian tersebut berupa handtractor, alat penanam benih jagung (corn transplanter) dan mesin pompa air.

"Saya tidak ingin mendengar nanti ada laporan kalau alat mesin pertanian ini dikatakan milik ketua kelompok," katanya.

Ia menekankan, peralatan tersebut merupakan kepunyaan bersama seluruh anggota kelompok, sehingga mereka berkesempatan untuk menggunakannya.

Menurut dia, untuk pemanfaatan handtractor kalau bisa masing-masing kelompok tani dapat mencarikan operator, sehingga dapat membuka peluang kerja baru.

Apabila ada anggota kelompok yang lahannya akan diolah, maka ongkosnya dapat lebih murah dari pada non anggota kelompok dan hasil ongkos tersebut dapat digunakan untuk perawatan mesin serta upah operator.

"Handtractor tersebut juga bisa digunakan untuk berbagai jenis lahan, seperti lahan kering dan lahan basah," ujarnya.

Selain itu ia meminta agar masyarakat dapat manfaatkan alat tersebut dengan sebaik-baiknya, jika perlu dengan management yang baik sehingga bermanfaat besar bagi kelompok.

Sementara itu Koordinator Penyuluh Pertanian Distan Tanah Datar, Rumsyah, mengatakan terdapat sebanyak 20 unit handtractor yang diberikan untuk 20 kelompok tani.

Selanjutnya terdapat corn translanter (alat tanam bibit jagung) sebanyak 5 unit untuk 2 kelompok dan 4 unit pompa air untuk 4 kelompok.

Menurutnya, dengan adanya alsintan yang diberikan oleh pemerintah kepada petani melalui kelompok ini, dapat memberikan manfaat karena dapat mengurangi biaya produksi dan tenaga. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar