Tanah Datar Bertekad Ciptakan Libur Akhir Tahun Bebas Sampah

id Sampah

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan HidupĀ (Perkim LH), Tanah Datar, Dessy Trikorina. (Antara Sumbar/ist)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) bertekad menciptakan libur akhir tahun yang bertepatan dengan libur natal dan tahun baru 2019 bebas dari sampah.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup(Perkim LH), Tanah Datar, Dessy Trikorina di Batusangkar, Sabtu, mengatakan dengan adanya libur nasional Natal dan Tahun Baru 2019, maka akan berdampak terhadap peningkatan jumlah sampah.

“Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bertekad melaksanakan libur nasional Natal dan Tahun Baru 2019 Bersih Sampah," katanya.

Ia menyebutkan, oleh sebab itu pihaknya mengharapkan agar masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungan walaupun ada momen libur panjang.

Menurutnya, program ini merupakan salah satu implementasi dari program pengurangan dan penanganan sampah melalui keterlibatan masyarakat.

Hal tersebut seiring dengan yang diamanatkan dalam Perpres 97/2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga.

"Untuk mendukung pelaksanaan Libur Nasional Natal dan Tahun Baru 2019 Bersih Sampah, Bupati Tanah Datar telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 660/571/Perkim LH/2018,” katanya.*
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar