Polisi Solok Selatan amankan perayaan natal secara bergerak

id Perayaan Natal 2018,Pengamanan Perayaan Natal,Operasi Lilin Singgalang 2018,Polres Solok Selatan

Polisi Solok Selatan amankan perayaan natal secara bergerak

Apel gelar pasukan Operasi Lilin Singgalang 2018 dalam rangka menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 di halaman Mapolres Sawahlunto, Jumat. (21/12). (Ist)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Kepolisian Resor Solok Selatan, Sumatera Barat, melakukan pengamanan perayaan Natal secara bergerak, selain menempatkan personel di rumah ibadat sejak pelaksanaan Misa.

"Pengamanan tidak fokus pada satu tempat, tetapi "mobile" (bergerak). Dimana ada tempat yang membutuhkan pengamanan lebih, kami akan bergerak ke sana," ujar Kepala Polres Solok Selatan AKBP Imam Yulisdianto saat dihubungi dari Padang, Sabtu.

Kendati demikian, imbunya dirinya juga telah merencanakan menempatkan polisi empat rumah ibadah, yakni satu rumah ibadat di PT Mitra Kerinci da dua di Sikinjang Kecamatan Sangir, dan satu lagi di Sangir Balai Janggo, yang bakal digunakan untuk malam Misa dan perayaan Natal.

"Kami 'plotting' untuk empat rumah ibadat itu personel berkisar 15 hingga 30 orang untuk satu rumah ibadat," ujarnya.

Ia memperkirakan jumlah jemaat yang akan menggelar Misa dan perayaan Natal berkisar 100 hingga 150 orang.

Sementara untuk jumlah petugas gabungan yang bakal dikerahkan untuk Operasi Lilin Singgalang 2018, Imam mengatakan sebanyak 245 personel yang terdiri atas personel kepolisian, prajurit TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja dan pemangku kepentingan lainnya.

Dalam Operasi Lilin Singgalang 2018 ini, katanya, akan dibentuk empat pos, yakni di Ruang Terbuka Hijau Muaralabuh Kecamatan Sungai Pagu, Pekonina Kecamatan Pauh Duo, Padang Aro Kecamatan Sangir dan Lubuk Malako Kecamatan Sangir Jujuan.

Untuk satu pos, sebutnya akan ditempat petugas sekitar 16 orang. Operasi Lilin bakal digelar selama sepuluh hari, 23 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019.

Pada malam perayaan pergantian tahun, imbuhnya, akan digelar patroli yang terbagi atas dua wilayah, yakni satu peleton menyisir ke wilayah selatan yang meliputi Kecamatan Sangir Jujuan, Sangir Balai Janggo dan Sangir Batanghari, kemudian satu peleton menyisir wilayah utara, meliputi Koto Parik Gadang Diateh, Sungai Pagu dan Pauh Duo.

"Sementara untuk Kecamatan Sangir, patroli dilakukan oleh personel yang kami siagakan di Polres," imbuhnya.

Sasaran dari patroli ini adalah kerumunan masyarakat yang merayakan pergantian tahun baru.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat dalam penanggulangan korban kecelakaan selama Operasi Lilin 2018. "Kontak-kontak petugas jaga Puskesmas sudah kami minta untuk mempermudah memberikan pertolongan bagi korban kecelakaan," ujarnya.

Penyebaran personel kepolisian, imbuhnya juga dilakukan di objek-objek wisata yang diperkirakan bakal menjadi destinas masyarakat dalam mengisi hari libur Natal, pergantian tahun, dan libur sekolah.

"Objek wisata yang kami nilai bakal ramai dikunjungi masyarakat, seperti Gua Batu Kapal Kecamatan Sangir Balai Janggo, 'Hot Water Boom' Pauh Duo, dan air terjun kembar di Bangun Rejo," ujarnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang merayakan pergantian tahun, mampu menjaga keamanan dan ketertiban. Selain itu, bagi masyarakat pengguna jalan raya menaati aturan berlalu lintas yang benar.