ANTARA Sumbar pamerkan 40 foto pariwisata Sumbar

id Antara

ANTARA Sumbar pamerkan 40 foto pariwisata Sumbar

Kepala Biro Antara Sumbar Maswandi (tengah) bersama Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Sumbar Dodi P Santoso (kanan) dan Kepala Bank Mandiri Sumbar Sri Dono Indarto (kiri) meresmikan pameran foto dalam rangka HUT Antara ke-81 di Kantor Antara Biro Sumbar di Padang, Jumat (Antara Sumbar/ Joko Nugroho)

Padang, (Antaranews Sumbar) - LKBN Antara Biro Sumatera Barat memamerkan 40 karya foto tentang pariwisata daerah itu dalam pameran foto perayaan HUT Antara ke-81 yang dimulai pada Jumat siang.

Kepala Biro Antara Sumbar Maswandi di Padang,Jumat mengatakan foto jurnalistik tersebut merupakan karya dari empat pewarta foto Antara Sumbar yakni Maril Gafur, Iggoy El Fitra, Arif Pribadi dan Fandi Yogari serta foto karya mitra Antara yaitu Pertamina dan Semen Padang.

Selain itu, pameran ini juga menampilkan dua foto bercerita yang berjudul Menebar Manis di Kampung India Pasa Gadang dan Menjaga Citarasa Randang.

Kemudian juga ada foto tentang adat dan budaya Minang seperti Tradisi Rakit-Rakit, Dulang makanan di Kampung Adat Sijunjung, arak-arakan bajamba dan silek lanyah. Foto yang ditampilkan diambil dengan berbagai sudut pandang seperti makro fotografi, fotografi olahraga, lanskap dan budaya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada pihak yang menyukseskan acara ini mulai dari Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal, PT Pertamina MOR I, Bank Mandiri, Bank Nagari dan Bank BNI.

Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Sumbar Didit P Santoso mengatakan pariwisata merupakan sektor yang memiliki tingkat koordinasi yang sangat tinggi dan 80 persen terdiri dari bidang jasa.

Saat ini digitalisasi sudah menjadi bagian dari kehidupan dan berdampak kepada pariwisata, destinasi wisata tidak hanya dituntut memiliki keunikan tapi juga harus instgramable.

"Kita butuh fotografi untuk memperkenalkan pariwisata Sumbar ke dunia dan salah satu contohnya adalah Pacu Jawi yang terkenal ke dunia karena diperkenalkan oleh fotografer dan pewarta foto dari Sumbar," kata dia.

Kepala Bank Mandiri Sumbar Sri Dono Indarto mengatakan Sumbar memiliki destinasi yang indah. Kalau orang Eropa berkata Indonesia daerah yang indah maka jika di Indonesia, Sumbar merupakan daerah yang paling indah.

"Destinasi wisata di Sumbar sangat lengkap mulai dari danau, gunung, ngarai, tebing laut dan lainnya ada di sini. Sumbar kawasan wisata yang paling lengkap," ujar dia. (*)