Hari Keselamatan Kerja Nasional, PT Rekind catatkan tiga juta jam tanpa kecelakaan

id Hari Keselamatan Kerja Nasional,PT Rekind,PT Supreme Energyr Muraolabuh,Panas Bumi

Hari Keselamatan Kerja Nasional, PT Rekind catatkan tiga juta jam tanpa kecelakaan

Site support Manager PT Supreme Energy Yulnofrins Napilus menyerahkan sertifikat tiga juta jam tanpa kecelakaan kerja kepada Projek Manager PT Rekind Fahirwan, Kamis. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Tantangan di awal tenaga kerja lokal enggan untuk menggunakan perlengkapan pengaman sehingga terus dipantau. Berkat kerja keras semua yang terlibat PT Rekind bisa mencapai tiga juta lebih jam kerja tanpa kecelakaan
Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Sub kontraktor PT Supreme Energy Muaralaboh yang bergerak di bidang Pembangkit listrik tenaga panas bumi yaitu PT Rekayasa Industri (PT Rekind) mencapai tiga juta jam kerja tanpa kecelakaan kerja.

Site support Manager PT Supreme Energy Yulnofrins Napilus, di Padang Aro, Kamis, mengatakan pada awal proyek terasa berat membuat standar pekerjaan karena banyak pekerja lokal belum paham tentang standar keselamatan kerja dan juga tidak memiliki keahlian.

"Tantangan di awal tenaga kerja lokal enggan untuk menggunakan perlengkapan pengaman sehingga terus dipantau. Berkat kerja keras semua yang terlibat PT Rekind bisa mencapai tiga juta lebih jam kerja tanpa kecelakaan," ujarnya.

Dia mengatakan, untuk menjamin keselamatan kerja pihaknya membentuk tim khusus pemantau dari PT Supreme sebanyak enam orang dan dari PT Rekind 13 orang.

"Kalau ada pekerja yang tidak menggunakan pengamanan saat bekerja maka pekerjaannya langsung dihentikan," katanya.

Menurut dia keselamatan kerja yang bagus maka target kerja bisa dicapai karena tidak akan terhenti akibat ada kecelakaan yang berakibat fatal.

Pekerja di PT Supreme Energy paling banyak pada PT Rekind beserta subkontraktornya yang jumlahnya lebih dari 1.700 orang dan sebagiannya merupakan pekerja lokal.

Dia mengimbau, supaya pekerja selalu membudayakan keselamatan kerja saat melaksanakan tugasnya.

"Itu merupakan hal yang sangat penting," ujarnya.

Project Manager PT Supreme Energy Wahyu Mulyana menambahkan, pencapaian ini tidak akan tetjadi tanpa kesadaran bersama dalam menciptakan sadar keamanan kerja.

"Tujuan kita bekerja untuk kesejahteraan keluarga dan tidak ada artinya kerja kalau terjadi kecelakaan yang berakibat fatal," katanya.

Menurut dia, bekerja dan mencapai target penting tetapi keselamatan saat bekerja jauh lebih penting.

Ia mengimbau, pekerja jangan hanya mengandalkan sefty officer tetapi butuh kesadaran dari dalam diri dan kerjasama semuanya untuk saling menjaga.

Project Manager PT Rekind Fahirwan Fahim mengatakan, setelah mendapat capaian ini kedepan yang paling penting adalah bagaimana mempertahankannya.

"Tetap jaga semangat keselamatan dan jangan sampai terjadi kecelakaan fatal pada proyek ini. Jangan gara-gara satu kecelakaan prestasi yang sudah diraih dimuali lagi dari awal," ujarnya.

Pada peringatan tiga juta jam tanpa kecelakaan kerja PT Supreme Energy Muaralaboh juga memperingati Hari Kesehatan Nasional dengan jalan santai dari GP-nine hingga site office ML-A.

Jalan santai di ikuti oleh 1.525 karyawan dan pekerja di PT Supreme Energy beserta Subkontraktornya. (*)