Dusun Sako Tangah dan Sako Mudik akhirnya terlistriki

id PLN

Dusun Sako Tangah dan Sako Mudik akhirnya terlistriki

PLN UIW Sumbar juga menyambut pelanggan premium baru PLN melalui sebuah penandatangan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) antara PLN UP3 Padang dan Hotel Arafah.  (Ist)

Kerinci (Antaranews Sumbar) - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar berhasil melistriki Dusun Sako Tangah dan Sako Mudik, Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci.

Gelaran acara bertajuk "Peresmian Listrik Desa" berlangsung di Desa Tamiai, Kamis (20/12) dihadiri oleh Asisten II Kabupaten Kerinci, Bambang Hariyadi, Anggota Komisi I DPRD Kerinci Jendril, Camat Batang Merangi Heri Cipta, Kepala Dusun Sako Tangah Bapak Andi Putra Santoni, Kepala Dusun Sako Mudik Bapak Defri Kusnadi, Kepala Desa Tamiai Bapak Sastri, serta calon pelanggan premium PLN yakni Pemilik Hotel Arafah H. Herman, Kamis (20/12).

Sedangkan dari PLN sendiri turut hadir Senior Manager Distribusi PLN UIW Sumbar Arief Pramudya, Manager UP3 Padang Paris El Hakim, Manager ULP Sungai Penuh serta jajaran manajemen lain di lingkungan PLN UP3 Padang.

Pada kesempatan tersebut Arief Pramudya menyampaikan bahwa pasokan listrik di Sumbar saat ini sangat cukup dan andal.

"Sungguh menjadi kebahagiaan bagi kami dapat melistriki seluruh masyarakat hingga ke pelosok. Kami ingin masyarakat merdeka, dapat dengan bebas menikmati aliran listrik yang disediakan PLN, seperti yang hari ini kita rasakan saat ini dalam acara peresmian listrik desa di Dusun Sako Tangah dan Sako Mudiah, Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci," tutur Arief.
PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar berhasil melistriki Dusun Sako Tangah dan Sako Mudik, Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci pada Kamis (20/12). (Ist)
Ia juga menginformasikan bahwa listrik Desa Tamiai ini memiliki panjang jaringan TM 3,4 KMS, TR 4,05 KMS dan dua unit trafo sebesar 50 kVA.

"Saat ini jumlah rumah yang sudah teraliri ada 71 KK dari total 150 kk. Dengan rincian sebanyak11 pelanggan R1T (Rumah Tangga Subsidi), 57 pelanggan R1MT (Rumah tangganonsubsidi), 3 pelanggan Sosial dan total nilai investasi yang dikeluarkan PLN untuk pekerjaan listrik desa ini adalah senilai Rp1,3 miliar," tambah Arief lagi.

Sementara itu, Asisten II Kabupaten Kerinci Bambang Hariyadi menyampaikan rasa haru dan syukurnya atas peresmian listrik desa di daerahnya.

"Terima kasih PLN. Kami paham bahwa tidak mudah memang merealisasikan program listrik desa dimanapun. Banyak sekali hambatan dan rintangan dalam upaya PLN menerangi negeri. Namun apapun tantangannya kami melihat petugas PLN bertindak dan maksimal dalam memberikan layanan kelistrikan ke seluruh masyarakat," katanya.

Namun demikian pihaknya berharap gangguan kelistrikan dapat segera teratasi dan saya ingin agar masyarakat dapat menjaga aset PLN sehingga tidak terjadi lagi gangguan akibat ulah oknum tidak bertanggung jawab seperti yang pernah terjadi sebelumnya.

Tidak hanya meresmikan Lisdes, dalam kesempatan ini PLN UIW Sumbar juga menyambut pelanggan premium baru PLN melalui sebuah penandatangan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) antara PLN UP3 Padang dan Hotel Arafah.

Dengan demikian pelanggan Premium PLN semakin meningkat yang artinya semakin tinggi kepercayaan pelanggan terhadap PLN.

Selain itu dalam kesempatan tersebut PLN UIW Sumbar juga menyerahkan bantuan Lazis PLN berupa 50 paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.
PLN UIW Sumbar juga menyerahkan bantuan Lazis PLN berupa 50 paket sembako, beasisawa dan modal usaha di dusun Sako Tangah dan Sako Mudik, Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci pada Kamis (20/12). (Ist)
Selain itu, bantuan dana modal usaha dengan nilai Rp27 juta dan Lazis PLN untuk siswa dari UP3 Padang sebesar Rp18.750.000,-.

PLN berharap dengan masuknya listrik dan adanya bantuan kepada masyarakat dusun dapat menjadi penggerak kegiatan ekonomi masyarakat dan lebih jauh, diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.*