Semen Padang bekali UMKM mitra binaan manfaatkan pemasaran daring

id umkm, semen padang

Semen Padang bekali UMKM mitra binaan manfaatkan pemasaran daring

Pembekalan UMKM binaan PT Semen Padang (Antara Sumbar/humas)

Padang, (Antara) - PT Semen Padang membekali 177 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mitra binaan agar mampu memanfaatkan pemasaran daring dan manajemen produksi pada pembekalan semester II 2018 digelar 20-21 Desember 2018.

"Untuk online marketing, pelaku usaha dikenalkan dengan pemasaran berbasis online agar bisa menembus pasar digital," kata Kepala Biro CSR Semen Padang Muhammad Ikrar di Padang, Kamis.

Ia menyampaikan para pelaku UMKM mendapatkan materi dari motivator Dedy Vitra Johor dan PT Gapura Digital dari Google Indonesia.

"Selain itu pelaku UMKM juga dibekali ilmu manajerial, pendampingan terhadap pelaku usaha dan modal usaha bagi," ujarnya.

Sementara Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri mengatakan ada dua hal yang harus diperhatikan sebagai mitra binaan Semen Padang, yakni bantuan modal dan keterlibatan kaum disabilitas dalam pengembangan usaha.

"Bantuan modal UMKM untuk mitra binaan Semen Padang buka uang Semen Padang. Namun merupakan titipan yang dikembalikan secara bergulir sehingga bisa digunakan lagi oleh pihak lain dalam mengembangkan usahanya," katanya.

Ia mengatakan dengan pengembalian modal usaha secara teratur, secara tidak langsung telah membantu pihak lain dalam pengembangan usaha.

Kemudian terkait kaum disabilitas, i a berharap melibatkan kaum disabilitas dalam mengembangkan usaha.

Pihak Semen Padang sendiri juga telah melibatkan kaum disabilitas dalam dunia kerja. Salah satunya beraktivitas di bagian pool perusahaan.

"Ke depan kami akan coba kembangkan untuk mitra binaan yang memiliki usaha dari kaum disabilitas sebagai bentuk kepedulian ," katanya.

Sejalan dengan itu Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi PT Semen Padang Satrio Rian Bhakti menambahkan pada semester kedua 2018 total dana yang salurkan untuk UMKM sebesar Rp6,7 miliar.

"Sepanjang 2018, total dana yang disalurkan mencapai Rp9 miliar dengan penyaluran bantuan modal tertinggi sebesar Rp100 juta dan terendah Rp7,5 juta," katanya..

Ia menyebutkan total UMKM yang mendapat bantuan modal sepanjang 2018 berjumlah 287 UMKM.

Sementara itu, salah seorang mitra binaan Tia mengatakan pelatihan ini merupakan kali kedua diikutinya bersama CSR Semen Padang.

Ia merasa beruntung mengikuti pembekalan karena tidak hanya diberi bantuan modal lepas, namun juga dibekali dengan berbagai ilmu yang menyangkut dengan usaha. (*)