Pemkab Solok minta nagari gunakan bantuan mobil ambulans sesuai fungsi

id Aswirman

Sekda Kabupaten Solok Aswirman dan Kadis Kesehatan, Sri Efianti saat menyerahkan mobil ambulans pinjam pakai kepada empat nagari di Arosuka. (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat, meminta pemerintahan nagari untuk menggunakan mobil ambulans yang dipinjamkan sesuai fungsinya.

"Mobil ambulans ini merupakan bantuan pinjam pakai dari Pemkab Solok untuk nagari yaitu Nagari Saok Laweh, Nagari Selayo, Nagari Koto Sani dan Nagari Koto Hilalang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok, Sri Efianti pada penyerahan empat unit mobil ambulans untuk empat nagari itu di Arosuka, Rabu.

Ia mengatakan dengan adanya mobil ambulans ini diharapkan mampu mendorong nagari di daerah tersebut dalam menjalankan berbagai program kesehatan yang ada, serta mampu mengurangi angka kematian ibu dan anak.

Mobil ambulans pinjaman ini akan menjadi tanggung jawab nagari selama masa pinjam pakai sekitar dua tahun.

"Saya berharap ini digunakan dan dirawat dengan sebaiknya sehingga manfaatnya dirasakan masyarakat," katanya.

Mobil ambulans ini diharapkan semakin meningkatkan pelayanan kesehatan dan menunjang program kesehatan bagi masyarakat sehingga hal-hal darurat dapat diatasi segera.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Aswirman mengatakan melalui bantuan ini masyarakat yang sakit parah atau meninggal akan lebih terbantu dan terlayani.

"Jadi sekarang masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi mencari mobil ambulans," katanya.

Ia berpesan agar mobil ambulans ini digunakan sesuai fungsinya.

"Semoga pihak terkait dapat memaksimalkan penggunaan ambulans tersebut bagi masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Bantuan pinjam pakai mobil ambulans ini diserahkan oleh Bupati Solok yang diwakili oleh sekretaris daerah setempat Aswirman pada Selasa (18/12).

Acara itu dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Sri Efianti, Kabid Aset Badan Keuangan Daerah (BKD) Nofriandi, anggota DPRD Kabupaten Solok Hidayat serta wali nagari yang menerima bantuan. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar