Guru Kreatif diseminarkan Iluni UNP, ratusan peserta bakal hadir

id UNP

Guru Kreatif diseminarkan Iluni UNP, ratusan peserta bakal hadir

Ikatan Alumni Universitas Negeri Padang kembali membuktikan eksistensi dengan gelaran seminar. Kali ini, Iluni UNP menggelar seminar nasional dalam rangka memperingati Hari Guru Ke-73 dan dihelat di Auditorium UNP, Kamis (20/12). (hms)

Padang (Antaranews Sumbar) - Ikatan Alumni Universitas Negeri Padang kembali membuktikan eksistensi dengan gelaran seminar. Kali ini, Iluni UNP menggelar seminar nasional dalam rangka memperingati Hari Guru Ke-73 dan dihelat di Auditorium UNP, Kamis (20/12).

Meskipun semula akan digelar di Aula Fakultas Ilmu Pendidikan UNP, karena membludaknya peserta atas kebijakan Rektor UNP, Prof Ganefri memindahkannya ke Auditorium UNP. Betapa tidak, Panitia Pelaksana yang dikomandoi Dekan FIP UNP, Alwen Bentri menghadirkan Ketua Umum PB PGRI-Indonesia Dr. Hj Unifah Rosyidi yang akan mempresentasikan gagasannya tentang Peran PGRI dalam meningkatkan kompetensi guru di era Revolusi Industri 4.0.

Sementara pembicara luar negeri yang bakal hadir berbagi pengalaman dan sharing informasi untuk menjadi guru kreatif, seperti yang dikatakan Humas Panitia, Amril Amir, panitia atas referensi Rektor UNP, Prof Ganefri menghadirkan Dato' Sri Prof Dr Alex Ong yang akan menyampaikan materi "Guru Kreatif yang memiliki jiwa enterpreneur". Tentu sebagai pembicara kunci dalam forum Seminar Nasionl Pendidikan yang bertajuk "Guru Kreatif dan Berjiwa Kewirausahaan di Era Revolusi Industri 4.0" adalah Rektor Prof. Ganefri.

Pada kesempatan terpisah Ketua Iluni UNP, Ali Mukhni mengatakan guru merupakan pion dan dasar utama kekuatan untuk mencerdaskan generasi bangsa. Tidak ada satupun bangsa maju didunia ini yang meraih kemajuan dan kemakmuran tanpa diciptakan dari otak dan tangan-tangan guru, baik melalui sebuah jalur pendidikan formal maupun pendidikan nonformal.

"Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah," ujar Ali Mukhni mengutip UU Nomor 14 Tahun 2005 pasal 1 ayat 1.

Seperti diketahui, kecerdasan generasi bangsa amat dipengaruhi oleh kemampuan seorang guru, oleh karena itu bangsa Indonesia menaruh harapan besar pada kaum guru, agar guru mampu mewujudkan kompentensi-kompetensinya.

Pembukaan seminar ini selain dhadiri Rektor Prof Ganefri, juga bakal dihadiri para dekan selingkungan UNP. (rls/*)