7.500 wisatawan kunjungi Festival Pesona Danau Maninjau

id Festival Pesona Danau Maninjau,Danau Maninjau Agam

7.500 wisatawan kunjungi Festival Pesona Danau Maninjau

Sekretaria Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam Agusmardi. (ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mencatat sekitar 7.500 wisatawan mengunjungi Festival Pesona Danau Maninjau yang dipusatkan di Objek Wisata Muko-muko Kecamatan Tanjungraya pada 15-16 Desember 2018.

"Pada umumnya wisatawan yang hadir merupakan wisatawan lokal dari Agam, kabupaten dan kota tetangga," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Agam Agusmardi di Lubukbasung, Senin.

Ia mengatakan, 7.500 wisatawan itu mengunjungi festival pada hari pertama Sabtu (15/12) sebanyak 2.500 orang dan hari kedua Minggu (16/12) sebanyak 5.000 orang.

"Pada hari terakhir kegiatan, objek wisata cukup ramai dan kendaraan kesulitan untuk parkir," katanya.

Dengan banyaknya pengunjung itu, tambahnya, sebagian dagangan milik pedagang di objek wisata habis terjual, sesuai dengan tujuan dari kegiatan itu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar, selain meningkatkan jumlah kunjungan dan melestarikan tradisi Minangkabau kepada generasi muda.

"Peningkatan ekonomi masyarakat sekitar sangat terasa sekali dan kita tidak mendata perputaran uang saat event itu," tegasnya.

Ia menambahkan, kegiatan Festival Pesona Danau Maninjau itu berupa lomba tambua tansa dengan peserta 42 tim, Asmaul Husna dengan peserta 45 tim.

Selain itu pupuik batang padi dengan peserta 20 orang, dayung dengan peserta enam kabupaten dan kota.

"Peserta utusan dari kecamatan dan khusus untuk dayung diikuti oleh utusan dari Kabupaten Agam, Solok, Pasaman, Padang Pariaman, Kota Bukittinggi dan Pariaman.

Kedepan, kegiatan ini akan digelar tingkat internasional dengan peserta dari negara tetangga. (*)