Dispora Sumbar bagikan bonus atlet Rp3,2 miliar

id Bonus atlet

Dispora Sumbar bagikan bonus atlet Rp3,2 miliar

Wagub Sumbar Nasrul Abit menyerahkan bonus kepada para atlet berprestasi di berbagai even tingkat regional dan nasional. (Ist)

Padang (Antaranews Sumbar) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumatera Barat membagikan bonus senilai Rp3,2 miliar kepada atlet berprestasi pada even Popwil, Popnas, Reparpenas dan Kejurnas Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP).

"Selama ini menjadi tertanggung oleh Dispora Sumbar sejak 2015-2017, maka ditunaikan sekarang yang jumlahnya mencapai Rp3,2 miliar," kata Kadispora Sumbar Adib Alfikri pada acara pemberian bonus atlet di Auditoriun gubernuran, Sabtu (15/15).

Besarnya jumlah bonus itu, karena pemberian akumulasi mulai dari peraih prestasi di Popwil 2016, Popnas 2017, dan Reparpenas 2017 serta Kejurnas PPLP 2015-2017.

"Alhamdulillah, pada kesempatan saat ini bisa diselesaikan semuanya yang menjadi tertanggung Dispora. Kami mohon maaf kepada para atlet keterlambatan selama ini," ujarnya.

Wakil Gubernur Nasrul Abit dalam sambutannya menyampaikan atasnama pemerintah Provinsi Sumatera Barat minta maaf pada atlet dan pelatih, karena baru tahu sekarang belum dibayar.

Ke depan, hal yang seperti inu jangan sampai terulang dan harus cepat diselesaikan.

Wagub menegaskan, nanti kalau sudah ada evennya harus disediakan bonus dan langsung setelah selesai diberikan. Bahkan, kapan perlu dibayar seusai even karena sebagai motivasi bagi para atlet.

Hal ini harus menjadi perhatian semua, dan sebagai bentuk penghargaan kepada yang telah membawa nama baik untuk Sumbar di luar provinsi.

Ia menyarankan, para atlet yang berpertasi terus latihan agar terpilih masuk utusan ke PON di Papua nantinya.

Wagub minta Dispora dan Koni Sumbar, agar melakukan pencatatan dan iventarisasi terhadap para atlet yang benar-benar selalu berprestasi itu.

"Kan ada kebijakan pemerintah pusat bagi atlet berprestasi bisa masuk jadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Jika benar-benar berpertasi tentu diperjuangkan," katanya.
Penyerahan bonus atlet (Ist)
Namun, karena di daerah belum ada kebijakan terkait atlet berprestasi tentu akan dipelajari soal regulasinya dulu ke pusat.

Selain itu, kata dia, para atlet selain terus mengukir prestasi tetapi harus juga menggapai masa depan, karena tak selamanya tenaga kuat untuk di arena pertandingan.

"Saya minta juga Koni Sumbar kalau mengadakan even atau mengikuti, harus disediakan bonus karena kalau tertunggak akan susah mengalokasikan nanti,"ujarnya.*