Sabermas, program Pemkab Padang Pariaman atasi masalah kesehatan masyarakat

id Sabermas,Program Kesehatan Padang Pariaman

Sabermas, program Pemkab Padang Pariaman atasi masalah kesehatan masyarakat

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman, Aspinuddin (lima kiri) berfoto bersama di lokasi Sehari Semalam Bersama Masyarakat (Sabermas). (ANTARA SUMBAR / istimewa)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat meluncurkan program Sehari Semalam Bersama Masyarakat (Sabermas) guna mengatasi berbagai masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat daerah itu.

"Kegiatannya dimulai dari pagi ini dan dalam pelaksanaannya akan dihadiri oleh Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni" kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman, Aspinuddin di Parit Malintang, Sabtu.

Ia mengatakan Sabermas merupakan kegiatan yang bersifat kunjungan ke masyarakat untuk memberikan solusi tuntas atas permasalahan kesehatan yang dihadapi.

"Sebagai contoh, jika ada masyarakat yang dikunjungi belum memiliki jaminan kesehatan atau fasilitas jamban, maka pada saat pelaksanaan Sabermas permasalahan tersebut dituntaskan," katanya.

Selain jaminan kesehatan dan jamban, lanjutnya ada 10 indikator kesehatan lainnya yang harus dipenuhi agar suatu nagari dan kecamatan di Padang Pariaman diterapkan program tersebut.

"Jika ada satu indikator saja yang belum tuntas, maka pada saat Sabermas harus kami tuntaskan. Itulah sebabnya kami berada selama 24 jam penuh di nagari sasaran,” ujarnya.

Penuntasan ke-12 indikator kesehatan sudah dilakukan Tim Sabermas Dinas Kesehatan Padang Pariaman bersama institusi terkait sejak satu bulan sebelumnya. Untuk keperluan itu, pihaknya mendirikan posko khusus di Nagari Kapalo Koto, Kecamatan Nan sabaris sebagai lokasi pertama pelaksanaan program tersebut.

Ia menyatakan program tersebut secara bertahap akan dilanjutkan ke nagari lainnya di Padang Pariaman yang terdiri dari 103 nagari mulai dari awal Januari 2019.

Ia berharap Sabermas dapat memberikan solusi terbaik atas permasalahan kesehatan yang dihadapi masyarakat karena kunjungan yang dilakukan tidak hanya bersifat kunjungan biasa tetapi untuk memberikan solusi tuntas bagi masyarakat.

Ia menyampaikan program Sabermas dimaksudkan untuk melengkapi inovasi-inovasi sebelumnya di antaranya Padang Pariaman Sehat dan Padang Pariaman Tanggap Kasus Gawat-Darurat (Papa Tangkas Gada) Public Service Centre (PSC) 119.

Sebelumnya, Nagari Kapalo Koto sedang mempersiapkan diri untuk menjalankan program Sabermas guna mengatasi permasalahan kesehatan di daerah itu.

"Segala persiapan telah dilakukan agar nagari ini sukses melaksanakan Sabermas dan menjadi percontohan di Padang Pariaman," kata Wali Nagari Kapalo Koto, Soni Saputra di Nan Sabaris, Kamis (25/10).

Ia mengatakan ada sejumlah indikator agar nagari tersebut bisa menjalankan Sabermas. Namun dari sejumlah indikator untuk Sabermas, lanjutnya tinggal dua indikator lagi yang harus dipenuhi dalam beberapa hari terakhir.

Ia menyebutkan dua indikator yang belum terpenuhi tersebut yaitu warga tidak lagi buang air besar sembarangan dan seluruh warga terdaftar di jaminan kesehatan nasional. (*)