Wall Street jatuh dipicu kekhawatiran pertumbuhan global dan berita perusahaan

id Wall Street

Wall Street jatuh dipicu kekhawatiran pertumbuhan global dan berita perusahaan

Wall street, bursa saham AS (REUTERS)

New York, (Antaranews Sumbar) - Bursa saham Wall Street turun tajam pada penutupan perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), karena kekhawatiran investor meningkat atas kemungkinan perlambatan ekonomi global dan sejumlah berita perusahaan negatif.

Indeks Dow Jones Industrial Average jatuh 496,87 poin atau 2,02 persen, menjadi berakhir di 24.100,51 poin. Indeks S&P 500 berkurang 50,59 poin atau 1,91 persen menjadi ditutup di 2.599,95 poin. Indeks Komposit Nasdaq berakhir 159,67 poin atau 2,26 persen lebih rendah, menjadi 6.910,66 poin.

Dow merosot lebih dari 550 poin pada level terendahnya selama sesi dan menukik ke penutupan terendahnya sejak Mei.

S&P 500 jatuh ke tingkat penutupan terendah sejak April. Semua 11 sektor utama S&P 500 ditutup lebih rendah, dengan sektor kesehatan dan teknologi masing-masing turun 3,37 persen dan 2,48 persen, memimpin pelambatan.

Setelah aksi penjualan yang tajam pada Jumat (14/12), indek teknologi berat Nasdaq sekarang hanya naik 0,11 persen untuk tahun ini.

Indeks Volatilitas CBOE, yang secara luas dianggap pengukur ketakutan terbaik di pasar saham, naik 4,75 persen menjadi 21,63 pada Jumat (14/12).

Pasar global berada dalam mode risk-off atau penghindaran risiko dengan investor hanya mencoba untuk membatasi kerusakan kinerja daripada mencapai kinerja lebih baik, menurut beberapa analis.

"Para pedagang menjual kembali saham-saham yang diperdagangkan menguntungkan sebelum penutupan tahun ini. Tidak ada volume yang besar dalam perdagangan saham hari ini, jadi itu berarti ada lebih sedikit perlawanan terhadap tekanan dari penjual hari ini," John Monaco, seorang pedagang di Wellington Shields & Co. LLC, mengatakan.

Sementara itu, dolar AS yang kuat juga memperumit situasi. Dolar AS naik pada akhir perdagangan Jumat (14/12).

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,39 persen menjadi 97,4441 pada pukul 15.00 waktu setempat atau pukul 20.00 GMT.

"Indeks pasar yang lebih rendah hari ini tampaknya berasal dari hari lain dari mata uang AS yang kuat. Kekuatan dolar AS harus dipantau secara ketat karena terlalu banyak penguatan dalam dolar AS merugikan keuntungan perusahaan global," kata John.

Wall Street juga mencerna banyak berita perusahaan.

Saham Johnson & Johnson, anggota Dow, anjlok lebih dari 10 persen pada Jumat (14/12) setelah Reuters melaporkan bahwa perusahaan tahu tentang asbes dalam produk bedak bayinya selama beberapa dekade.

Saham Apple merosot 3,2 persen setelah analis top dari TF International Securities memangkas estimasi pengiriman iPhone hingga 20 persen.

Di sisi ekonomi, penjualan ritel AS meningkat 0,2 persen bulan lalu, dipimpin oleh toko daring (online), Departemen Perdagangan mengatakan pada Jumat (14/12). Angka ini mengalahkan ekspektasi pasar.

Sementara itu, produksi industri AS naik 0,6 persen pada November, melampaui perkiraan pasar karena peningkatan di pertambangan dan utilitas mengimbangi penurunan dalam manufaktur, menurut Federal Reserve. (*)