Longsor di Tigo Lurah memutus ke pusat ibukota Kabupaten Solok

id longsor di solok

Longsor di Tigo Lurah memutus ke pusat ibukota Kabupaten Solok

Longsor yang menutupi badan jalan di Nagari Simanau. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Longsor yang terjadi di Nagari Simanau, Kabupaten Solok, Sumatera Barat pada Jum'at (14/12), menimbun badan jalan sehingga menggangu akses jalan menuju Kecamatan Tigo Lurah.

"Material longsor berupa tanah berlumpur awalnya sempat menutupi badan jalan sepanjang lebih kurang 30 meter dengan ketinggian hingga 4 meter sehingga mengganggu akses jalan masyarakat menuju Tigo Lurah," jelas Camat Tigo Lurah, Sarmaini di Tigo Lurah, Jumat.

Titik longsor terjadi tepatnya di kawasan Kelok Hiduang Kabau, Aie Busuek, Nagari Simanau.

Dari informasi warga, longsornya tebing jalan terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. Namun Kejadiannya baru diketahui warga di waktu pagi tadi ketika hendak melintas jalan tersebut.

Ia menyebutkan, kawasan perbukitan itu beberapa hari belakangan ini memang diguyur hujan. Akibatnya tebing bukit di sisi jalan utama menuju pusat kecamatan itu longsor.

Longsoran itu untuk sementara menutup akses warga yang hendak menuju pusat Kecamatan Tigo Lurah dan sebaliknya menuju Kabupaten Solok atau lainnya .

Untuk membuka akses jalan warga bersama pemerintah nagari dan pemerintah kecamatan dibantu TNI-Polri melakukan gotong royong mengangkat material longsor dengan alat seadanya.

Siangnya kendaraan sudah bisa kembali lewat.

Dari informasi, masih banyak material longsor yang belum terangkat dari jalan dan dibutuhkan bantuan berupa alat berat karena tidak mungkin dikerjakan secara manual.

"Masyarakat berharap Pemerintah Kabupaten Solok mengirimkan alat berat untuk mengangkat sisa material longsor. Jika tidak diangkat, maka berpotensi kembali menimbun jalan," pungkasnya. (*)